December 12, 2013

Kepikiran suatu topik malam ini tentang kepercayaan diri. Sebagai informasi, saya bukan orang yang punya tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Teman-teman saya pasti tahu itu. Setelah membaca satu kalimat barusan juga mungkin kamu jadi tahu. haha. Itu kenyataan. Who cares! It doesn't matter. Namun, semua berubah ketika ketidakpercayaan diri itu TAK MAU DIKEMBANGKAN.

Saya pribadi percaya setiap orang dilahirkan dengan tingkat kepercayaan diri yang berbeda-beda. *jika punya sumber ilmiah yang berkaitan, boleh silahkan berbagi* Berbeda-beda tetapi bukan berarti tak bisa sama atau malah lebih. Kepercayaan diri berkembang akibat pengaruh lingkungan, didikan, dan yang terpenting kemauan diri. Jadi memang bisa kita kembangkan lewat pengaruh ketiga hal tersebut. Masalah terbesarnya adalah pribadinya yang tak mau. 

Saya sendiri punya pengalaman pribadi dimana lingkungan sudah mendukung, didikan sudah datang dari teman dan keluarga, tetapi hanya saya yang tak mau sehingga saya melewatkan satu kesempatan memupuk kepercayaan diri saya. Hal seperti ini pasti sering terjadi di masyarakat. Jika tidak, tak mungkin banyak buku-buku yang bertemakan 'meningkatkan kepercayaan diri'. Sering alasannya adalah 'Aduh, saya belum ini, saya belum itu. Belum begini, belum begitu. Begini begitu.' Ketika yang begini terjadi pada diri saya, saya cuma berpikir: 'Woi, kalau kau ga mulai melangkah naik, maumu kapan sampai ke lantai yang lebih tinggi?!'

Tak ada orang yang bisa jadi super dalam satu malam. Kalau saat ini kita masih merasa kita kurang percaya diri dan membandingkan diri kita dengan orang yang ada di depan kita yang lebih percaya diri, BIARLAH! Biar saja dia lebih percaya diri. Jangan diambil pusing. Selanjutnya, pakai kesempatan yang datang untuk bisa meningkatkan kepercayaan diri, dan bukan malah merendahkan diri.

Sebuah pertanyaan populer (sering divariasikan, tapi dengan maksud yang sama) yang sering kita dengar:
How do you eat a super large pizza?
Berbagai jawaban dapat terlontarkan dari setiap kita. Kita sudah berpikir bagaimana makan makanan sebanyak itu dengan nikmat ya. haha.
Apa jawabmu?

How do you eat a super large pizza? One bite at a time.
Benar sekali. Tak ada cara makan makanan yang sebegitu banyak selain segigit demi segigit. Pada akhirnya, sebesar apapun itu, sebanyak apapun itu, kalau dimakan begitu pasti habis juga. Dari awal melihatnya, makanan ini banyak sekali! Sama halnya dengan mengasah kepercayaan diri. Hmm, sebenarnya jika kamu mengerti konsep yang tersampaikan lewat kalimat tersebut, itu bisa dijadikan pengingat dan penyemangat dalam banyak hal.

Setiap orang butuh naik anak tangga per anak tangga untuk mencapai lantai berikutnya. Asumsikan tak ada eskalator atau lift. Jangan terlalu jauh mikirnya. Ketika menginjakkan kaki ke tangga berikutnya saja sudah tak PD, di sinilah peluang kegagalan itu meningkat. Kita tak bisa loncat naik ke lantai dua, tapi kita bisa pelan-pelan naik tangga menuju ke lantai tersebut. Dalam hal ini pizza tadi bisa kita adaptasikan: one step at a time.

Jangan rendah diri teman. Terima saja kelebihan orang saat ini. Namun jangan cuma diterima. Jadikan  itu penyemangat untuk menjadi lebih baik, lebih percaya diri di masa depan. Jika kamu orang yang suka tantangan dan persaingan, jadikan itu tantangan untuk bersaing lebih ketat. Jika kamu suka main game, anggap saja sedang hunting exp dan leveling. hehe.

Saya tutup dengan kutipan favorit yang saya pakai sebagai salah satu wallpaper komputer.


NB:
Suatu kali saya menemukan artikel yang menarik bagi saya tentang kepercayaan diri. Semoga berguna.



1 comment(s):

  1. Percayadiri biasanya sulit saat diawal, memulai hal baru, dengan orang baru, lingkungan baru, sangat berat di awalnya memang, tapi pas udah berjalan, kita paham alurnya, temponya, dan kita mulai terbiasa, kita mulai menguasai diri kita.
    __
    Jual sepatu lokal Bandung original,FREE ongkir se pulau Jawa.Semarang, Banten, Jakarta, sampai Surabaya = GRATIS. DISKON setiap hari.BBM: 75570084 , Whatsapp: 085727336911.
    http://sepatulokalbandung.wordpress.com/
    http://nandegastore.blogspot.com/
    BANGGA DENGAN PRODUK DALAM NEGERI

    ReplyDelete