July 20, 2012

Pagi ini usai mengirimkan tugas lewat surel, saya buka Facebook. haha. Eh, ternyata ada gambar menarik yang di-share salah seorang teman, yang ternyata terusan dari salah seorang dosen. Begini gambarnya. 

selamat datang para calon pemimpin global di ITB
sumber: facebook pak Rinaldi Munir
Ekspresi awal melihat foto ini adalah senyum-senyum dan bilang 'aseeeekk'. hahaha.. Dulu saya angkatan 2007 dan hingga angkatan terakhir yang saya lihat (2011) disambut dengan spanduk bertuliskan: 
'Selamat Datang Putra/Putri Terbaik Bangsa'. 
Sambutan yang konon katanya sudah sedari dulu disematkan pada mahasiswa baru ITB. Disambut dengan slogan putra/putri terbaik bangsa tentunya sangat senang, ya tidak? haha. Mungkin itulah fungsi sambutannya, agar mahasiswa ITB tahu bahwa kesempatan yang mereka raih untuk masuk ke ITB adalah suatu kesempatan besar dan beban mereka tidak sedikit. Tidak hanya bertanggung jawab pada diri sendiri tetapi juga kepada putra/putri Indonesia. Dalam beberapa kesempatan juga sering disemangati bahwa mahasiswa ITB adalah calon pemimpin jadi harus berpikir lebih dewasa lagi terhadap negara ini. *asek*

Mengapa sekarang bukan itu lagi ya? Hmm, tidak masalah sih. Bukan suatu hal yang patut dipermasalahkan juga. haha. Mungkin ada visi baru yang ingin disematkan pada mahasiswa ITB. Yang artinya, bagus. Ada sesuatu yang baru berarti ada perubahan. Semoga ini adalah salah satu indikator perubahan yang menuju arah yang lebih baik. :D Jika memang pemimpin global adalah target kepemimpinan mahasiswa ITB nantinya, maka baiklah kita dukung. :)

Di sisi lain, saya tidak merasa slogan sambutan yang diberikan setiap tahunnya kepada mahasiswa ITB adalah sebuah eksklusifitas tingkat dewa yang merendahkan kampus lain. Saya selalu menarik sambutan ini sebagai penyemangat bagi setiap mahasiswa baru. Kampus ITB yang saya rasakan adalah salah satu kawah candradimuka bagi generasi muda untuk membangun idealisme dan pola pikir global.

Anyway, SELAMAT DATANG ADIK-ADIK 2012 di kampus ITB. :D

Wah, saya jadi ingat tulisan saya yang lain terkait idealisme dan masa kampus ada di sini:

0 comment(s):

Post a Comment