July 18, 2012

kids speaking thumbs up
toddlers speaking
Satu kesempatan, seluruh mahasiswa internasional dikumpulkan untuk mempresentasikan hasil studi dan perkembangan tesis mereka. Bagi mahasiswa semester pertama, hanya perlu duduk dan memperhatikan setiap orang yang presentasi saja. Selama kurang lebih satu setengah jam akhirnya seluruh mahasiswa internasional di departemen saya selesai melakukan presentasi. Selanjutnya adalah acara makan bersama. Oleh karena masih belum terkumpul semua, saya dan beberapa teman berbincang-bincang sebentar.

Salah satu topik pembicaraan yang dibahas adalah mengenai masa lalu masing-masing. Eits, maksudnya sebelumnya bekerja atau kuliah dimana. hehe. Salah seorang teman ternyata pernah sekolah  selama kurang lebih dua tahun di India. Saya pribadi merasa bahasa Hindi itu unik dan sedikit lucu kalau lidah kita orang Indonesia mengucapkannya. Oleh karena penasaran, saya bertanya beberapa banyak kalimat seputar perkenalan diri. Cukup lucu tetapi menarik. Salah seorang teman yang lain bertanya, "kenapa? kamu mau cari cewek orang India ya? hehe" haha.. Saya cuma tertawa dan bilang "tidak apa, saya cuma tertarik karena ini menarik."

Sebenarnya saya bingung karena setiap kali saya bertanya tentang bahasa lain, pasti ada saja teman yang menanyakan alasannya mengapa saya tertarik sekali. Haha.. Bagi saya, sebenarnya untuk hanya sekedar belajar bahasa perkenalan bukanlah suatu hal yang mengherankan karena itu kan basa basi general yang kita punya. haha. Di lain sisi, bahasa adalah alat komunikasi dan di era globalisasi ini tentunya sangat bermanfaat. Meskipun hanya belajar cara perkenalan saja, yah lumayanlah bisa komunikasi ramah tamah dengan orang asing. hahaha.

Saya pribadi bukanlah orang yang bisa berbagai bahasa. Bahasa asing yang saya cukup fasih gunakan adalah bahasa Inggris saja. Namun, setidaknya untuk beberapa bahasa, saya belajar cara mengatakan nama saya Rey dan saya dari Indonesia. hahaha.. Satu hal yang saya percaya, belajar bahasa asing ada seninya juga.

The art of learning foreign language: Start speaking or stop learning.

Yap, mulailah berbicara atau tidak sama sekali. Salah satu faktor dalam belajar adalah mencoba dan bagaimana bisa belajar jika tidak berani mencoba. Pertama kali saya berbicara bahasa Inggris adalah di bangku SMP di kelas bahasa Inggris. Semua tertawa ketika saya berbicara, tetapi itulah namanya belajar. Bukan karena saya tidak bagus, tetapi karena memang semua tidak bisa pada waktu itu. hahahaha.. Orang tua saya sejak saya SMA selalu menasihati saya hingga mulutnya berbusa bahwa saya harus sering melatih bahasa Inggris saya dengan cara berbicara. Cara itu memang jitu. Semakin sering salah biasanya semakin termotivasi. *biasanya* hehe.

Jadi, buat kamu yang mau belajar bahasa asing entah untuk keperluan apapun itu, seringlah menggunakannya meskipun sering salah dan tidak dimengerti lawan bicara, niscaya semakin lama akan semakin fasih. Saya juga sedang berusaha menyesuaikan lidah untuk berbahasa asing nih. Sering kebawa dialek batak. :D


0 comment(s):

Post a Comment