May 18, 2012

kedutaan besar thailand di jakarta
tampak depan Royal Thai Embassy Jakarta
Baru-baru ini saya pergi ke Jakarta untuk mengurus visa pelajar dengan negara tujuan Kingdom of Thailand. Saya adalah orang yang belum pernah sama sekali mengurus visa meskipun saya sudah pernah satu kali pergi ke luar negri. hahaha. Oleh karena itu, saya ingin melakukan semuanya sendiri tanpa meminta bantuan teman waktu itu dengan harapan saya bisa lebih merasakan dan mengerti prosesnya.

Untuk Thailand sendiri, jenis Visa yang bisa dibuat ada banyak. Ada Immigrant, Tourist ataupun Non-Immigrant dengan biaya yang masing-masing berbeda. Yang saya ajukan pembuatannya kemarin adalah Non-Immigrant Visa dengan tujuan ED (Education) karena keperluannya untuk studi. Jenis-jenis dan biayanya sebenarnya ada ditempel di ruangannya tetapi saya lupa potret padahal sedang membawa kamera juga. Haduh.

Kelengkapan
Yang perlu dipersiapkan dan dibawa untuk mengurus Visa pelajar ini antara lain:
- Paspor (yang masih berlaku minimal 6 bulan lagi)
- Dua (2) lembar Pas foto 3x4 (siapkan saja 4x6 juga dan jumlah yang berlebih siapa tahu ada perubahan)
- Uang tunai sebesar US$80 (visa pelajar)
- Sertifikat atau surat penerimaan (Certificate of Admission) dari kampus yang ada di Thailand (hasil scan juga bisa)

Tempat
Untuk mengurus Visa ke Thailand, kita dapat melakukannya di Royal Thai Embassy yang ada di kawasan Mega Kuningan Jakarta. Alamat lengkapnya adalah sebagai berikut.
JI. DR Ide Anak Agung Gde Agung kav. NO. 3.3 (Lot 8.8), Kawasan Mega Kuningan, Jakarta Indonesia 12950. 
*kontak lengkap silahkan lihat:
http://www.thaiembassy.org/jakarta/en/organize/17506-Address.html

Mungkin ada yang membaca informasi di internet bahwa alamat pengurusannya ada di jalan Imam Bonjol. Informasinya sudah tidak berlaku lagi, kawan. Saya datang ke jalan Imam Bonjol dan satpamnya bilang ke saya bahwa tempatnya sudah pindah ke alamat yang tertera di atas. Yah, salah saya juga karena tidak memastikan info yang ada di internet.

Perlu diperhatikan, waktu pengurusan sudah tertentu yakni:
09.00 - 12.30 WIB
Sedangkan, waktu pengambilan adalah:
13.30 - 15.00 WIB
Waktu ini sudah menjadi ketetapan. Jangan berkompromi lah. hehe.

Contoh formulir pengajuan Visa
Selanjutnya, kita akan diminta masuk ke ruangan counselor yakni ruangan pengajuan dan pengambilan Visa. Di ruangan ini kita perlu mengisi selembar formulir (lihat gambar). Isi saja yang sesuai kenyataan.  Isi keterangan dokumen perjalanan. Jika sudah punya tempat yang pasti di sana, isi bagian alamat Thailand. Jika sudah tahu kapan berangkat dari Indonesia, isi bagian keberangkatan. Begitu saja.

Formulir yang sudah diisi kemudian disertakan bersama paspor, pas foto dan sertifikat penerimaan kampus tadi untuk selanjutnya diserahkan pada petugasnya. Tadinya saya mau pakai bahasa Inggris, tetapi ternyata petugasnya orang Indonesia. haha. Petugasnya selanjutnya meminta biayanya sebesar US$80 (untuk Visa pelajar). Ini juga ada informasi yang sudah basi. Saya lihat di blog2 ataupun di web Thailand-nya sendiri masih menuliskan US$65. Ternyata sejak November 2011, ada perubahan harga pengurusan Visa di kedutaan Thailand. Oleh karena itu, siapkan uang yang berlebih saja dari info yang kamu dapat atau telepon saja kedutaannya kalau mau pastinya. hehe. Nilai uangnya juga tertulis dalam US Dollar yang berarti memang dibayar pakai US Dollar. Namun, jika tidak bawa US$ maka bisa seperti saya kemarin membayar memakai IDR tetapi dengan nilai kurs 10.000 Rupiah/USD1. Beda sedikit sih kalau kita pakai uang IDR yang sudah kita tukar ke USD dulu. Kali aja, mau menghemat. hehe.

Jika dokumen dan formulirnya sudah mencukupi menurut petugas, maka selanjutnya kita tinggal menunggu prosesnya. Proses pembuatan visa seperti yang tertera di pengumumannya adalah memakan selang waktu 2 hari. Jadi, jika kita mengurus hari Selasa maka kita baru bisa mengambilnya hari Jumat. Untuk mengambilnya, perhatikan waktu pengambilan yang tertera di atas.

visa pelajar ke thailand
Visa pelajar yang telah selesai diurus

Menurut informasi petugasnya, Visa pelajar ini memiliki masa berlaku 3 bulan yang berarti dalam kurun waktu tersebutlah visa ini dapat digunakan. Lewat dari kurun waktu tersebut, kita harus mengajukan lagi. Oleh karena tujuannya untuk studi, sesampainya di Thailand biasanya nanti akan dibantu pihak universitas untuk memperpanjang menjadi satu tahun dengan dikenakan biaya juga. Oiya, adanya visa ini tidak menjamin kita boleh masuk ke Thailand loh. Pada akhirnya, masuk tidaknya kita akan ditentukan pihak imigrasi mereka di perbatasan atau di airport. Ada hal-hal tertentu yang membuat sebuah negara bisa melarang kita masuk ke negaranya.

Demikian pengalaman proses pengajuan Visa pelajar ke Thailand yang saya lalui.
Semoga membantu. :)

nb:
untuk perpanjangan visa pelajar setelah di Thailand: lihat di sini

19 comment(s):

  1. Makasih infonya bg...

    ReplyDelete
  2. semoga sampe Thailand dengan selamat! :-)

    ReplyDelete
  3. Mas, mw tny saya kan juga mau ngurus visa studi ke thailand..
    klo belum ada alamat pasti buat tinggal disana apakah bisa mengurus visa?

    ReplyDelete
  4. Bisa. Saya dulu diminta nulis alamat sekolahnya di Thailand saja.
    kan ada surat pengantar tuh dari sekolah yang di Thailand. Liat dan pakai alamat yang ditulis di situ aja.
    misalnya, alamat kantor International Relations-nya.

    ReplyDelete
  5. Sangat membantu, terima kasih karena akhirnya saya bisa nemu info terbaru utk pengurusan visa pelajar:-)

    ReplyDelete
  6. kalau mau perpanjang jadi 1 tahun, syaratnya apa? dan biayanya berapa?

    ReplyDelete
  7. halo, salam kenal.

    Setibanya di Thailand, masa berlaku visa kita akan tertera di cap yg diberikan imigrasi.
    Untuk memperperpanjang visa pelajar bisa dilakukan di kantor imigrasi sesuai provinsi tempat universitas kita berada. Contohnya saya di Bangkok, saya kemarin memperpanjang di Chaeng Watthana, tepatnya di Government Complex.

    Biaya untuk perpanjangan: THB 1,900

    Dokumen yang diperlukan:
    -Surat endorsement dari univ. untuk perpanjangan (minta ke sekretariat international office saja, biasanya sudah mengerti)
    -Paspor
    -Fotokopi paspor (halaman identitas, visa lama, dst) @2
    -Formulir yang bisa diunduh dari :
    http://www.immigration.go.th/nov2004/en/base.php?page=download

    *formulir TM7-extension of temporary stay

    -Foto (ukuran sesuai yg di formulir) 2lembar

    Semoga membantu. :)

    ReplyDelete
  8. Bisa kasih tau no tlpn kantor'y yang d'mega kuningan nga so w mau nanya dulu.thku

    ReplyDelete
  9. Saya ingin berlibur tinggal di Thailand selama 3 bulan,1 bulan kembali ke Indonesia & kembali ke Thailand selama 3 bulan berturut2 kurang lebih selama 2 tahun,Pacar saya orang asing dan bekerja disana.
    Apakah saya perlu biaya untuk membayar visa?

    ReplyDelete
  10. @mbak Feby
    Yang saya tahu bebas bea visa cuma sebatas 30 hari. Jadi selama berada di Thailand 30 hari, ga perlu visa. Jika periode tinggalnya lebih dari itu sepertinya butuh visa.
    Namun, selebihnya saya kurang paham. Bisa ditanyakan ke konsular kedubes Thailand mungkin.

    ReplyDelete
  11. Salam Kenal, saya bulan Juni besok ada pertukaran mhs juga di Chula Univ Thailand. tuk visa, alhamdulillah sudah jelas.
    tapi tuk akomodasi, sperti tmpat tinggal yg aman dan wort it, dimana ya?
    mohon infonya.
    ohya, dulu universitas di Thai nya dimana?

    ReplyDelete
  12. @Kartikastudio,

    saya saat ini masih kuliah di Chula. Mengenai tempat tinggal, saya kurang tahu banyak sih. Coba ditanya dulu fakultas yg menerimanya, siapa tahu bisa dicarikan tempat.
    Kalau mau menghubungi lagi, silahkan lewat email jg bisa.
    reynaldo.siahaan@ymail.com

    ReplyDelete
  13. Sangat menarik sekali infonya Rey..

    Perkenalkan saya Dewie, sekarang sedang kuliah di ITS. Kebetulan semester depan saya dapat kesempatan student exchange ke Chula. Ada beberapa hal yang pengen saya tanyakan,
    1. Untuk pengurusan visa ke Embassy Thailand kira2 bisa diwakilkan ga ya?
    2. Apa aja yang kira2 perlu disiapkan sebelum berangkat, menurut pengalaman Rey?
    3. Oh ya, Rey fakultas apa di Chula? Mungkin bisa sharing2 ttg pengalaman Rey selama kuliah disana

    Terimakasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  14. mohon di bantu no telp yg di kawasan mega kuningan yang bisa dihubungi ?????? thanxs

    ReplyDelete
  15. dari google:
    Kontak Royal Thai Embassy Jakarta
    http://www.thaiembassy.org/jakarta/en/organize/17506-Address.html

    ReplyDelete
  16. dari tadi nyari2 informasi disini yg up to date..
    salam rey sya WNI bru aja nyampe bangko dri mlaysia.cman dapat visa 2 bulan katanya udah ketetapan dri kerajaannya.beda klw kita lansung dri indonesia.dpat langsung sebulan..
    mw tanya nih.di KBRI bsa gk ya buat visa untuk tinggal di thailand dlam wktu 3bua tanpa hrus blik ke indonesia..
    urusan saya di thailand bisnis N semacamnya..
    reply via e.mail jaa_heed@ymail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 minggu mksudnya sorry salah ketik..

      Delete
  17. informasi yang sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  18. thanks a lot~ tapi, kalau sama sekolah SMA disana sama juga enggak ya ngurusnya? hehe

    ReplyDelete