May 15, 2012

satpam
Familiar dengan kata satpam? Yoi, satuan pengamanan. Orang-orang yang memakai seragam putih biru yang selalu menghiasi perkantoran maupun gedung-gedung. Dari nama dan tugasnya, kita mungkin bisa membayangkan bahwa satpam adalah orang yang perawakannya tegas, galak dan bicaranya lantang. Maklum, biasanya penjaga keamanan itu kan 'seram'. hehe.

Waktu saya jalan di Jakarta kemarin, saya berjumpa dengan banyak satpam untuk bertanya arah. Ternyata, tidak satupun yang saya jumpai adalah yang 'seram' itu. Gaya berdirinya biasa saja. Cara ngomongnya malah unik-unik. Tidak terkesan keras dan galak. Kebanyakan malah punya aksen kental daerahnya masing-masing dan murah senyum. Sesekali saya merasa lucu dan tertawa sambil berbincang dengan satpam. Ah, benar-benar tidak sesuai dengan bayangan saya apalagi rata-rata satpam yang saya temui bertugas di gedung-gedung yang cukup penting.

Melihat om om satpam ini, saya senang juga karena inilah keramahan Indonesia. Bahkan petugas keamanan pun ramah. Pantas saja wisatawan asing selalu memuji keramahan orang Indonesia yang ia jumpai. Bayangkan saja jika anda turis dan bertanya arah pada satpam tetapi dijawab dengan galak. hahaha. Bisa-bisa turisnya malas bertanya lagi. Saya juga jadi teringat dengan saya pribadi. Beberapa teman saya bilang saya harus membiasakan mengatur mimik yang tidak terlalu serius dan perbanyak senyum. Katanya, orang kadang ragu berbicara denagn saya karena mimik saya yang terlalu serius itu padahal saya kan orang yang humoris. :D Wah, om satpam penjaga keamanan saja banyak senyum meskipun tugasnya untuk 'galak'. Saya harus bisa juga. hehe.

0 comment(s):

Post a Comment