May 1, 2012

Sebelumnya, seperti dituliskan di sini tentang convert Word ke PDF di Mac, ternyata ada sedikit kekurangan di fasilitas tersebut. Sewaktu saya mencoba convert berkas yang memiliki beberapa section ternyata Ms.Word tidak bisa melakukan konversi keseluruhan file sekaligus. Dia harus melakukannya per section sehingga pada akhirnya kita memiliki beberapa file PDF yang berasal dari satu file Word tersebut.

Ada satu cara untuk menggabungkan kembali beberapa file tersebut menjadi satu file PDF. Langkahnya sebagai berikut. Cara ini juga sangat bermanfaat untuk berbagai kepentingan. :)

1. Buka file PDF 1 dengan 'Preview'
pdf merge mac
screenshot (1)
2. Pilih Tool  View kemudian pilih Thumbnails. Tampilannya akan berubah sebagai berikut, yakni ada sidebar yang muncul di sebelah kiri.

pdf merge
screenshot (2)
3. Sekarang perkecil jendela 'Preview'-nya kemudian pastikan Finder kamu terbuka dan file PDF yang kamu ingin satukan ada di sana sehingga kamu bisa drag dari Finder ke dalam 'Preview'.
Selanjutnya drag file PDF yang ingin disatukan kemudian drop di bagian sidebar yang terbuka seperti di bawah ini.

pdf mergin
screenshot (3)
4. Simpan file dan selesai. Kedua file telah disatukan dan kini kita punya satu file PDF yang merupakan hasil merger dari dua file PDF sebelumnya. :)

pdf merger mac os
screenshot (4)

english title: Merge Pdf Files in MacOS

0 comment(s):

Post a Comment