May 24, 2012

Semester ini, saya mendapatkan kesempatan yang langka dan berharga. Jadi asisten Tugas Besar. Bagi kamu yang punya nilai bagus di perkuliahan, pengalaman menjadi asisten bukan hal yang langka dan susah didapatkan. Namun, bagi saya itu susah. Terang saja, sudah 2 kali melamar tetapi belum bisa diterima. hehe. Kali ini saya mendapatkan kesempatan langka karena tidak melalui proses seleksi seperti yang sebelum-sebelumnya. Singkat cerita, saya ditawarkan satu slot asisten dan saya langsung menerimanya.

Mata kuliah ini boleh dikatakan bukan mata kuliah terbaik saya. Nilai saya pas-pasan dan sudah sedikit lupa juga dengan isinya. hehe. Maklum, sudah 2 tahun berlalu sejak terakhir kali menyentuhnya. haha. Namun, pembimbing saya mengatakan bahwa menjadi asisten adalah salah satu cara kita belajar yang efektif. Mendengar itu, saya semangat dan tidak khawatir lagi. Dari dulu sebenarnya saya ingin jadi asisten tetapi tidak pernah bisa karena 2 hal: nilai tidak mencukupi atau gagal di proses seleksi. hehe. Singkat kata, saya mulai mengumpulkan bahan dan membaca sedikit demi sedikit.

Bagian menarik dari pengalaman menjadi asisten ini adalah cara mengajar. Bagaimana mengenal orang yang diajar, cara yang baik untuk menyampaikan, atmosfir yang baik dalam prosesnya, dan banyak hal lainnya saya dapatkan di sini. Dari awal saya memang ingin jadi orang yang santai saja dan tidak terlalu strict terhadap tugas ini tetapi kenyataan yang terjadi adalah beberapa dari anggota kelompok yang saya pegang seperti kurang mendengarkan dan menghiraukan saya. Saya jadi sadar bahwa memberikan atmosfir yang santai memang baik tetapi tidak menutup pintu bahwa orang perlu diberi ketegasan untuk menunjukkan bahwa mereka punya tanggung jawab.

Lewat pengalaman ini juga saya me-refresh pengetahuan saya. Wah, sangat bermanfaat. Beberapa hal dari yang saya tahu kadang tidak sesuai dengan yang benarnya. Lewat diskusi dengan mereka, saya memperbaiki banyak hal dan tidak jarang juga menambah banyak hal dalam pengetahuan saya. Dari awal saya juga sudah mengatakan pada mereka bahwa saya hanya orang yang lebih dahulu mengambil mata kuliah ini dari mereka, bukan orang yang sudah ahli. Saya sadar bahwa saya masih banyak kekurangan makanya saya belajar untuk saling melengkapi dengan mereka. Saya mencoba menekankan pada diskusi karena menurut saya itu cara belajar yang sangat baik dan meninggalkan ingatan yang dalam. hehe.
tumpukan laporan akhir tubes

Hari ini, semua laporan saya kumpulkan dan saya antarkan ke laboratorium untuk ditumpuk. hahaha. Semoga apa yang telah kami jalani di proses pengerjaan ini dirasakan berguna oleh adik-adik ini karena bagi saya pribadi, proses ini mendatangkan manfaat. Dengan demikian, ada kata SALING di antara kita. haha.

0 comment(s):

Post a Comment