April 14, 2012

lembar jawaban tes
Ilustrasi Mengisi Lembar Jawaban
Beberapa waktu yang lalu saya mengikuti satu tahapan dari proses rekrutmen yang diadakan Total E&P. Awalnya saya memasukkan lamaran melalui sebuah jobfair di Universitas Indonesia. Tahap pertama dari proses rekrutmen ini yah tentu saja seleksi administrasi yang mana sudah saya lalui. Berikut ini saya ingin membagikan pengalaman saya mengikuti Aptitude Test yang merupakan tahap kedua dari proses ini.

Aptitude Test merupakan salah satu jenis dari tes yang berupa pengujian psikometrik. Sederhananya tes ini adalah psikotes tetapi banyak jenis-jenisnya. Di sini saya akan membagikan jenis yang saya ikuti saja. Tes ini umumnya dilakukan oleh pihak ketiga dari rekrutmen yang dalam hal ini diselenggarakan oleh ASI. *maaf lupa kepanjangannya* hehe.

Tesnya kemarin cukup singkat bahkan yang tersingkat yang pernah saya ikuti. Tesnya terdiri atas 15 menit kemampuan membaca kritis dan 25 menit kemampuan berhitung.

Kemampuan Membaca Kritis
Pada bagian ini, peserta diminta menjawab sebanyak 25 soal yang berupa pernyataan.
Terdapat beberapa tulisan singkat yang berisi tentang informasi yang dibutuhkan untuk menjawab setiap soal. Satu tulisan singkat ditujukan untuk sekitar 4-5 soal. Jadi, kira-kira ada 4 tulisan singkat yang disediakan.
Inti bagian ini adalah bagaimana kita memutuskan pernyataan tersebut
a. berdasarkan informasi yang ada, pernyataan ini memang benar
b. tidak dapat diputuskan karena tidak cukup informasi
c. berdasarkan informasi yang ada, tidak benar

Waktunya singkat sekali. Bahkan hampir seluruh peserta kemarin itu belum selesai mengerjakannya. *loh darimana tahu?* haha. Karena, begitu dikatakan waktu habis, terjadi kericuhan. haha.

Menurut saya, ini cukup sulit karena memang kemampuan membaca kritis saya sedikit belum terlatih. Bahkan di contoh soalnya saja, jawaban saya salah. hehe. Namun, bagian ini bisa disikapi dengan sebelumnya melatih diri dalam membaca terutama baca berita.

Kemampuan Berhitung
Saya lupa nama asli bagian ini apa. hehe. Namun, pada dasarnya ini memang kemampuan berhitung tetapi lebih kepada berhitung cepat dan sense. Mengapa ada sense? Karena menurut saya di beberapa pertanyaan, bisa saja kita tidak melakukan perhitungan tetapi hanya mengandalkan judgment singkat berdasarkan jawaban tertera.

Di bagian ini, tersedia tabel-tabel yang berisi informasi mengenai data sebuah produksi, kurs, ataupun yang lainnya. Di bagian sebelumnya, informasi disediakan dalam bentuk tulisan singkat, nah di bagian ini informasi disediakan dalam bentuk angka dalam tabel. Sama, setiap tabel juga ditujukan untuk sekitar 4-5 soal. Total soal ada 40 buah dan waktu yang disediakan adalah 25 menit. Jadi, benar-benar butuh kemampuan berhitung dan sensing yang praktis jika mau menyelesaikan semuanya.

Angka-angka yang digunakan tentunya tidak menyulitkan. Jadi, menurut saya yah memang kemampuan judgment berdasarkan sense itu sangat perlu di sini. Namun, bagian sepertinya biasanya dikuasai oleh peserta psikotes karena hampir ada di setiap jenis psikotes. 
Jika memang benar-benar niat melatih ini, bisa melakukan persiapan dengan melatih diri membaca tabel dan menemukan tendensi sentral dari tabel tersebut. Setelah tendensi sentral bisa mulai mengurutkan angka-angka dalam tabelnya. Saya sendiri sih tidak berniat melakukannya. hahaha.

***
Terakhir, bagi saya psikotes itu berusaha menemukan peta psikologi kita secara sederhana untuk menjadi bahan apakah kita punya potensi untuk ke depannya. Bagaimana kondisi pikiran kita saat menjalani tes lebih penting daripada persiapan kita membaca-baca soal sebelumnya. hehe. Jadi, saya sendiri pribadi lebih memilih mempersantai pikiran daripada baca-baca soal psikotes sampai berhari-hari dan rutin. 
Psikotes bagi saya jauh berbeda dari SNMPTN yang harus dilatih. Psikologi itu terbentuk dari lingkungan dan kegiatan sehari-hari. Jadi sedikit menipu diri sih jika melatihnya di saat-saat tertentu saja. hehe. IMHO

Sekian.
Semoga berguna.


2 comment(s):

  1. Terimakasih sobat buat pencerahannya saya juga akan melaksanakan aptitude test untuk masuk perguruan tinggi... hehehe

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atau berbagi infonya

    ReplyDelete