April 12, 2012

dj dubstep
DJ memainkan Dubstep
Beberapa waktu ini tepatnya bulan lalu saya menyaksikan sebuah video dance seorang dari Tunisia yang bernama Marquese Scott. Pria ini menari dengan luar biasa dan gerakannya benar-benar indah diiringi dengan musik yang juga menurut saya keren. Saya kemudian menyelidiki sedikit tentang tarian orang ini dan musik yang ia pakai. Ternyata ini aliran musik yang sudah lama ada (akhir 90an) meskipun jika dibandingkan umurnya dengan musik lain, dapat dikatakan masih belia di dunia musik. Aliran musik yang dia pergunakan dinamakan Dubstep dan jenis tariannya adalah Dubstep Dance. Saya ingin membagikan sedikit saja hal umum tentang Dubstep ini dari apa yang telah saya baca dan cari tahu.


Apa itu Dubstep?
Dubstep merupakan genre musik baru dalam musik electronic dance. Jenis musik ini merupakan bentuk baru dari musik elektronik yang mengkombinasikan heavy bass, synthesizer, keyboard, turntables dan hard-hitting drum tracks dan dengan sisipan vokal yang sangat tidak dominanSaya menggunakan kata aslinya karena saya takut mengurangi maksud aslinya. Allmusic mendefinisikan genre ini sebagai berikut:
“tightly coiled productions with overwhelming bass lines and reverberant drum patterns, clipped samples, and occasional vocals.”
Dubstep berasal dair London bagian selatan tetapi dengan sangat cepat ke wilayah Eropa Barat dan Amerika Utara dengan sangat cepat karena dipublikasikan ddi BBC Radio oleh DJ Mary Anne Hobbs. Bermula dari tahun 90an atau awal 2000an, ternyata dalam waktu singkat musik ini dapat memenuhi bumi, disukai banyak orang dan pada akhirnya mampu menghasilkan kreatifitas tarian baru yang ber-genre Dubstep Dance. Kata Dubstep sendiri merupakan kombinasi dari kata "dub" dan "2-step" karena asalnya dubstep diciptakan dari proses dub remixes terhadap jenis musik elektronik 2-step Garage di London.

Ciri khas yang bisa membedakan jenis musik ini dan membuat kita mengenalinya adalah bunyi keras sub-bass-nya yang berulang-ulang dan terdengar seperti echo, nyaring tetapi sedikit terdistorsi. Bahasa aslinya reverberating. Bunyi ini terdengar dengan tempo dan kecepatan yang bervariasi dalam satu track. Ini memberikan kesan pergerakan dan dinamika yang ngotot. Musik elektronik jenis ini sering dikenalkan secara umum dengan musik robot/alien walaupun sebenarnya kita belum pernah tahu alien punya musik atau tidak. :p hehe. Musik ini sedikit banyak akan terdengar seperti disko tetapi tidak sepenuhnya disko, terkadang juga akan terdengar techno atau hip-hop tetapi bukan, karena memang karakteristiknya yang tidak sama. Bunyi-bunyi terdengar seperti suara-suara pengisi yang kita temukan pada games tertentu. Selain itu, ciri lainnya adalah BPM (beats per minute) nya termasuk tinggi karena berkisar antara 138 hingga 142.

Secara umum, Dubstep terdiri atas 4 bagian yakni intro; the bass drop; main riff (mid-section); outro. Yang saya tebalkan adalah karakteristik dan ciri khas utama yang membuat musik ini begitu terkenal. The Bass Drop atau lebih dikenal Wobble Bass kreasi baru dari musik elektronik dengan melebarkan dan memanipulasi bunyi bas menggunakan osilator berfrekuensi rendah. Saya juga kurang mengerti maksudnya bagaimana tetapi itulah yang dihasilkan. Bagian lain yang biasanya digunakan oleh DJ adalah teknik Reload atau lebih gampang dikenal dengan Rewind. Sample musik yang telah disisipkan bisa diputar terbalik untuk memberikan efek baru.

Beberapa pionir dan/atau artis/DJ ternama saat ini yang menghasilkan tracks Dubstep ini antara lain:
  • Skream
  • Rusko
  • Skrillex
  • Joker
  • Burial
  • Kode9
  • Digital Mystikz
Saat ini saya lumayan menikmati beberapa track-nya dan buat teman-teman yang mungkin ingin mendengar dan mencoba menikmati (*karna memang aneh sih, susah juga menikmatinya gimana haha*) saya merekomendasikan www.dubstep.net. Di sana ada banyak track  yang dapat didengar bahkan sebagian besar dapat diunduh gratis.


Beralih ke Dubstep Dance, tarian jenis ini sebenarnya tidak asing karena gerakannya seperti robot (robotic moves). Gerakan-gerakannya presisi sesuai dengan beat yang dihasilkan oleh musik Dubstep-nya sendiri. Pada dasarnya gerakannya adalah popping. Beberapa tekniknya yang sering digunakan adalah vibrating, slow motion, twitching dan robotic popping. Untuk mengerti maksud masing-masing teknik tersebut, silahkan saksikan video di tautan berikut: http://www.youtube.com/watch?v=IsKS35ztV6A

Banyak referensi yang bisa dibaca untuk pengetahuan yang lebih detail. Yang saya bagikan di sini cuma hal umumnya saja. Silahkan cek sumber terkait. :)


Terakhir, di bawah ini adalah Dubstep Dance + Music yang keren banget menurut saya.
Dancer: Marquese Scott
Song: Pumped Up Kicks - Foster The People 






Sekian.
Semoga Berguna. :)

9 comment(s):

  1. yup kerenn bgt

    ReplyDelete
  2. Yay, Mampir ke blog gua deh.

    ReplyDelete
  3. nice info,,
    pertama dger musiknya skrillex terdengar so scary,,haha..
    itu FTP jg masuk dubstep kah?
    kalo di indo taunya baru mobil derek,,yg lain apa ya?

    ReplyDelete
  4. wah, saya sendiri kurang mengikuti perkembangannya mbak.. Malah baru tahu ada dubstep di Indonesia. hehe.

    ReplyDelete
  5. penasaran dengan musik ini sejak liat transformers, trus lagunya pay feat vanya & irang mirip2 dubstep

    ReplyDelete
  6. Dubstep sering juga digunakan pada Human beatbox :)

    ReplyDelete
  7. Makasih infonya gan

    ReplyDelete
  8. wah kebetulan gan.. ane juga ada blog untuk membuat musik dubstep
    kalau berkenan silahkan kunjungan baliknya
    http://dubstepindo.blogspot.com

    ReplyDelete