April 25, 2012

logo wordpress
logo WordPress
Salah satu sistem manajemen konten (CMS) yang paling populer di dunia adalah WordPress. Banyak orang yang menggunakan CMS ini sebagai 'bahan dasar' situs pribadinya maupun menumpang tempat di wordpress.com. Layanan bahasa yang dipilih biasanya adalah bahasa Inggris karena entah mengapa terasa lebih nyaman ketika dipergunakan. Namun, layanan bahasa ini bisa diubah kapan saja kita mau jika kita hanya sekedar menumpang di wordpress.com.



Maksud 'menumpang' adalah kita melakukan registrasi domain blog di wordpress.com sehingga kita punya blog dengan url: <namapilihankita>.wordpress.com. Untuk mengubah layanan bahasanya, langkah-langkahnya sangat mudah.

1. Log in ke Dashboard
2. Arahkan kursor ke Setting, kemudian pilih General
3. Pada bagian paling bawah akan ada pilihan bahasa (languages)
4. Silahkan pilih bahasa yang ingin kamu jadikan bahasa utama blogmu. Save dan selesai. :)

Sedangkan jika kita punya hosting dan domain sendiri, maka kita bisa melakukan instalasi CMS WordPress ini secara manual ke host yang kita punya. Namun, mengubah layanan bahasa di CMS yang kita install di host ternyata tidak sama dengan ketika kita mempergunakan tumpangan seperti di atas. Jika kamu adalah pengguna CMS WordPress di host pribadimu, maka langkah pengubahan layanan bahasanya adalah sebagai berikut.

1. Kunjungi halaman ini: WordPress In Your Language dan cek apakah bahasa yang ingin anda gunakan tersedia di sana.
2. Selanjutnya klik bahasa yang anda perlukan di kolom konten pada halaman tersebut.
3. Kamu akan dibawa ke informasi mengenai WordPress untuk bahasa tersebut
4. Klik salah satu tautannya yang akan membawa kamu ke halaman untuk mengunduh paket bahasanya.

[sebagai contoh: saya ingin mengganti bahasa situs saya dari English ke Bahasa Indonesia, maka saya klik konten Indonesian (id_ID). Kemudian saya klik tautan yang bertuliskan ID.wordpress.org yang ditunjukkan di sana. Kemudian saya unduh paket WordPress-nya.]
Untuk setiap bahasa, saya perhatikan bahwa paket yang harus diunduh berbeda-beda. Untuk bahasa Indonesia, kita harus mengunduh seluruh paket wordpress-nya untuk kemudian kita ambil bagian folder wp-content/languages -nya saja.

5. Buka control panel - file manager host situs kamu dan buatlah sebuah folder 'languages' di dalam folder wp-content
6. Unggah semua file/paket bahasa yang sudah diunduh tadi. (dalam contoh, saya mengunggah seluruh isi folder 'languages' dari paket ke dalam folder 'languages' di host saya.
7. Jika sudah, sunting file wp-config.php memakai text editor
8. Cari kode di bawah ini:
define ('WPLANG', '');
 9. Kemudian isi bagian kosong setelah ',' dengan kode bahasa yang sudah kita unggah.
contoh saya:
define ('WPLANG', 'id_ID');
10. Simpan perubahan file dan bahasa situs kita yang berbasis WP sudah berhasil diubah dari bahasa Inggris ke bahasa yang baru diunggah. :)


Sekian.
Semoga berguna.






1 comment(s):