April 18, 2012

Tidur malam hari adalah suatu hal yang sangat penting bagi tubuh manusia. Tubuh membutuhkan waktu yang cukup untuk berhenti sejenak dan istirahat. Istirahat yang tidak mencukupi dapat mengakibatkan turunnya kinerja tubuh manusia terutama kesehatan. Hal ini sudah umum menjadi masalah bagi para mahasiswa. Teman saya pernah berkata bahwa waktu terpenting yang tidak boleh dilewatkan untuk istirahat di malam hari adalah pukul 23.00 - 03.00. Saya juga tidak tahu kebenarannya tetapi hal itu dapat saya terima. Namun, di artikel ini saya tidak bermaksud untuk membahasnya lebih lanjut. hehe.

pantai-cinta-pasangan-duduk
ilustrasi
Oleh karena saya mengetahui pentingnya istirahat itu, maka saya berusaha sebisa mungkin menjadikan waktu tidur malam itu sesantai mungkin. Quality Time. Saya mau berbagi sedikit filosofi sederhana yang saya pergunakan pribadi. Di kamar tidur, saya menempelkan sebuah gambar seukuran kertas A4 di langit-langitnya. Kebetulan kamar saya punya langit-langit yang pendek. Sebuah gambar hati yang terbentuk dari formasi awan dan ada dua pasangan sedang duduk di bawahnya, seperti yang ada di kiri. Loh, maksudnya apa ya? 

Ada beberapa hal yang ditunjukkan gambar itu. Pertama, sesuatu yang indah. Menurut saya, gambar itu indah karena warna dan tampilannya yang menarik. Kedua, cinta. Tentu saja, gambar itu memang bernuansa cinta terutama percintaan pria dan wanita. Namun, bukan percintaan pria wanitanya yang membuat saya menempelkannya di langit-langit kamar. Seperti yang saya tuliskan di awal bahwa sebisa mungkin saya membuat kondisi tidur saya santai dan rileks. hehe. Relevansinya dimana?

Menurut saya, hal-hal yang indah memiliki potensi mengubah suasana hati seseorang menjadi baik. Orang yang sedang gundah gulana hatinya bisa dibuat senang dengan memberikannya sesuatu yang indah. Cinta menurut saya adalah hal yang paling indah yang Tuhan berikan di dunia ini, setelah karunia keselamatan tentunya. hehe. Cinta punya kekuatan yang besar yang bahkan dapat membuat seorang yang bebal sekalipun, berubah menjadi orang yang rendah hati dan lembut. Oleh karena itu, suatu hari saya berpikir bagaimana jika setiap sebelum saya tidur, saya melihat sesuatu yang indah berupa cinta. Sesuatu untuk 'menghipnotis' saya dalam 'terapi' sederhana sebelum tidur. Bukan galau tentang pasangan hidup. haha. Yang ini mah makin membuat tidur gelisah. Membayangkan apa yang dilakukan cinta itu kepada orang, kasih kepada saudara, rasa sayang kepada sobat, kasih sayang orang tua dan banyak hal lainnya. Dengan demikian, suasana hati saya akan menjadi baik dan pikiran saya rileks. Memang butuh imajinasi juga tetapi pada akhirnya, tidur saya enak dan berkualitas. :)

Bagi saya, ini cukup asyik dan sedikit banyak yah memang membantu apalagi saya memang suka susah tidur. Mungkin terdengar aneh dan sedikit lucu ya. Daripada saya tertidur di atas tumpukan tugas dan kerjaan yang menghimpit ruang kerja di otak, lebih baik memikirkan hal yang indah sebelum menutup hari. :) hehe.



0 comment(s):

Post a Comment