March 25, 2012

shinglebackShingleback, merupakan spesies rugosa dari genus Tiliqua yang hidup di daerah Australia. Kebiasaannya sehari-hari adalah memulai pagi hari dengan berjemur untuk meningkatkan suhu tubuhnya. Tidak seperti manusia, dia tidak dapat menghangatkan badannya dengan bantuan makanan dimana juga hampir semua kadal memiliki sifat demikian. Shingleback mulai mencari makan ketika matahari tidak terik lagi. Kadal ini memiliki banyak sekali menu makanan baik binatang dari/atau tanaman.

Bentuk ekor dan kepalanya yang hampir serupa menjadi salah satu kamuflase dan senjata untuk menakut-nakuti pemangsanya. Hewan ini terlihat seperti berkepala dua. Selain itu, dia dapat mengembangkan badannya agar terlihat lebih besar, juga untuk menakuti pemangsanya. Bagi manusia, reptil ini cukup berbahaya karena dia dapat menggigit dan menyobek kulit manusia. Lukanya dapat menimbulkan bekas. Namun, untungnya tidak ada bisa dalam gigitannya. Yang perlu diwaspadai adalah gigitannya semata.

Yang menarik bagi saya dari kadal yang satu ini adalah hubungan berpasangannya. Saya tidak tahu apakah bisa dibilang percintaan atau tidak. Haha. Mari kita bercerita sedikit tentang perjalanan hidup berpasangannya.

shingleback
sepasang Shingleback beriringan
Ketika Shingleback melihat seekor Shingleback lain yang menarik baginya, dia secara spontan mendekatinya dan mengikutinya berjalan kemanapun. Mungkin ini yang dinamakan pendekatan. hehe. Pasangan Shingleback ini menjalani proses ini (berjalan bersama) selama kurang lebih 2 bulan sebelum kemudian sang jantan menunjukkan keseriusannya untuk maju ke tahap lebih lanjut dengan senggolan dan jilatan lembut. Memang tidak ada pernikahan resmi dan resepsi tetapi mereka telah menjadi pasangan. hehe.

Bagian menarik dari kehidupan berpasangan mereka adalah Shingleback merupakan hewan yang setia satu sama lain dan hanya memiliki satu pasangan hingga akhir hidupnya. Seorang profesor dari Flinders University menunjukkan ketertarikannya pada kadal ini dan menemukan bahwa Shingleback adalah satu-satunya kadal (lizards) yang hidup setia dengan satu pasangan seumur hidupnya.  Saat musim semi berakhir, keduanya akan berpisah. Betina harus mencari tempat yang hangat untuk melahirkan anaknya yang berada di dalam tubuhnya selama sekitar 6 bulan. Namun, ketika musim semi datang lagi, masing-masing mereka akan mencari pasangannya untuk kemudian menghasilkan anak lagi. Mereka tidak mencari pasangan lain melainkan kembali ke pasangan sebelumnya yang telah mereka pilih. Ikatan ini bisa berlangsung hingga lebih dari 20tahun dan cenderung seumur hidupnya. :)

Bahkan di saat yang menyedihkan tiba, pasangannya akan setia menemaninya. Hewan ini sering menyeberang jalan tetapi karena geraknya yang lambat, sering sekali terlindas kendaraan yang melintas. Saat hal ini terjadi pada pasangannya, Shingleback menantinya dan menyenggolnya perlahan seakan dia sedang meratapinya. Hal ini bisa berlangsung berhari-hari.


Selain Orang tua, ternyata perilaku binatang seperti ini juga dapat menjadi pelajaran dan teladan bagi manusia. Yap! Tidak boleh memandang rendah alam karena banyak pelajaran yang bisa diperoleh dari alam. :)

credit goes to:
BBC knowledge & Australian Museum

0 comment(s):

Post a Comment