March 26, 2012

Print Screen adalah salah satu fitur jumawa dan sangat berguna bagi pengguna Windows. Orang yang baru berpindah dari Windows ke MacOS umumnya akan kebingungan menemukan fitur ini di Mac. Terang saja, karena tidak ada tombol yang bertuliskan Print Screen pada keyboard seperti yang disediakan Windows. Berikut saya ingin membagikan sedikit tentang fungsi Screen Capture pada Mac.

Ada 2 cara yang dapat dilakukan:
1. Menangkap seluruh tampilan pada layar dengan cara Tekan Command+Shift+3
Dengan melakukan ini, hasil yang diperoleh adalah seluruh tampilan yang ada di layar kita. Besarnya resolusi gambar adalah sesuai dengan resolusi layar yang kita pakai. Contoh hasil: Saya menggunakan resolusi 1280x800 sehingga hasilnya merupakan gambar dengan resolusi demikian.

mac screen capture
Hasil Screen Capture pada layar saya

2. Menangkap sebagian dari yang ada pada layar dengan cara Tekan Command+Shift+4 lalu lepas
Cursor akan berubah menjadi garis yang tegak lurus dengan lingkaran di tengahnya. Gunakan cursor tersebut untuk melakukan selection pada layar. Contoh hasil:

mac screen capture
Hasil Screen Capture dengan selection pada layar saya
Beberapa fungsi tombol tambahan untuk melakukan selection ini antara lain:
  • Tombol Spasi, dengan menekan tombol ini setelah Command+Shift+4 tadi, cursor akan berubah menjadi kamera. Pada mode ini, kita dapat melakukan capture screen pada window tertentu yang kita arahkan kamera. Silahkan dicoba.
  • Tombol Shift, dengan menekan tombol ini setelahnya, kita dapat melakukan selection dengan menahan salah satu arah baik horizontal maupun vertikal. Silahkan dicoba juga. :)

Gambar yang telah di-capture secara otomatis akan tersimpan di Desktop dan dalam bentuk JPEG. Untuk mengubahnya, silahkan ikuti langkah berikut.

1. Mengubah tipe file yang di-capture
Ada beberapa pilihan tipe gambar yang dapat dipilih, diantaranya:
  • BMP
  • GIF
  • JPEG
  • PDF
  • PICT
  • PNG
  • PSD
  • SGI
  • TGA
  • TIFF

Untuk memilih default tipe gambarnya, buka Terminal. Klik kaca pembesar (spotlight) yang ada di bagian kanan atas atau tekan Command+Spasi, lalu ketik Terminal lalu buka. Format penulisannya adalah sebagai berikut.
defaults write com.apple.screencapture type image_format
Ubah image_format menjadi tipe gambar yang kamu inginkan sebagai default. Contohnya,
defaults write com.apple.screencapture type png
Saya pribadi lebih suka dengan tipe PNG karena menurut saya lebih baik. Oiya, jika ingin tipenya kembali menjadi JPEG atau yang lainnya, silahkan ulangi perintah di atas dengan mengganti tipe gambarnya di terminal.


2. Mengubah lokasi file yang di-capture
Buka Terminal, kemudian ikuti format penulisan di bawah ini:
defaults write com.apple.screencapture location /path/
/path/ merupakan lokasi yang harus kamu tuliskan yakni berupa lokasi folder yang diinginkan. Contohnya,
defaults write com.apple.screencapture location ~/Documents/
Jadi, saya menyimpan setiap gambar yang di-capture otomatis ke folder 'Documents' .
Kemudian agar setelan (setting) yang kamu buat berjalan, maka ketik dahulu yang di bawah ini pada terminal.
killall SystemUIServer
Tanda '~' menjurus pada home folder dari user yang sedang anda pergunakan. Boleh coba dicek Mac HD kamu kemudian masuk ke folder 'users' lalu klik folder user anda. Biasanya icon-nya berbentuk rumah. Itulah home folder-nya. Oleh karena itu saya ulangi, bahwa jika kamu punya banyak user dalam satu Mac, maka tanda '~' menjurus pada home folder dari user yang sedang anda pergunakan sekarang. Mudah-mudahan jelas. hehhe..


Sekian.
Semoga berguna. :)

0 comment(s):

Post a Comment