September 18, 2011


Benar sekali. Semua orang di dunia ini adalah orang malas. Ya, jika kita melihatnya dari sudut pandang yang sedikit miring tetapi masih di dunia nyata. hehe. Sifat malas yang kita ketahui secara harafiah saat ini adalah sifat yang menunda-nunda sesuatu . Hmmm, tidak sepenuhnya benar karena dari Kamus Besar Bahasa Indonesia sendiri diartikan sebagai berikut:
ma·las a 1 tidak mau bekerja atau mengerjakan sesuatu: orang yg -- itu lebih senang mengemis dp bekerja; 2 segan; tidak suka; tidak bernafsu: -- rasanya mengunjungi rapat spt itu; jangan -- bertanya;
Jadi, malas bukan berarti orang yang suka menunda-nunda. Namun, pengertian awam dan umum yang kita peroleh lah yang mencembungkan pengertiannya seperti itu.  Gambar yang di atas tentu memberi pengertian malas pada kita. Jika menghubungkannya dan memandangnya dari segi penundaan, maka pada dasarnya semua orang adalah orang malas. Mengapa?

Ada orang yang tidak mau mengerjakan atau tidak bernafsu mengerjakan sesuatu saat ini dan lebih memilih mengerjakannya di lain waktu mungkin di saat mendekati 'garis mati'. Ini yang secara luas tadi sampai di telinga dan kepala kita sebagai orang malas. Benar, ini termasuk malas. Malas mengerjakannya sekarang.

Sementara, orang yang tidak mau mengerjakan atau tidak bernafsu mengerjakan sesuatu nanti dan lebih memilih mengerjakannya sekarang mungkin dengan alasan agar tidak terburu2 atau 'penggaris mati' (Deadliner). *maksa pisan* Kriteria ini juga termasuk malas. Malas mengerjakannnya nanti atau yang sering kita sebut Orang Rajin.


Mungkin kata malas memang sudah berarti negatif karena efek peyorasi ataupun pergeseran makna. Namun, menarik bagi saya karena berarti setiap orang punya kesempatan memilih mau jadi orang malas yang sebelah mana, atas atau yang atas. Maaf, dua2nya di atas, maksud saya yang pertama atau yang kedua. :) Lebih jauh, menurut saya kita tahu bahwa setiap hal memiliki sisi negatif dan positif bahkan kita dan tidak terkecuali sebuah kata/istilah. 


Bagi saya, kriteria malas yang pertama adalah sisi negatifnya dan seperti kebanyakan orang, saya tidak mau menjadi bagian dari sisi negatif. hehe. Bagaimana anda? mungkin bagi anda berbeda. :p

*just a random thought need to be written*




0 comment(s):

Post a Comment