August 4, 2011

"Buanglah Sampah Pada Tempatnya"

Familiar dengan slogan di atas? Tentu saja.
buang sampah pada tempatnyaSlogan di atas ada hampir dimana-mana bahkan di bungkus makanan. Slogan ini juga yang kebetulan saya dengar lagi dalam sebuah kebaktian baru-baru ini. Slogan yang sederhana tapi besar pengaruhnya. Ya bukan..?

Terkait itu, saya memiliki sebuah kebiasaan yang mungkin dikatakan buruk tetapi tidak buruk juga. Saya suka menyimpan sampah di kantung celana saya. Tunggu dulu, saya bukannya hobi mengoleksi sampah ataupun kantung celana saya anggap tong sampah. hehe. Namun, kebiasaan ini muncul diawali ketika saya masih duduk di bangku SD.

Siapa sih di antara kita yang tidak mendengar slogan di atas ketika SD? Saya asumsikan semua pernah. :) Waktu itu, guru saya suka sekali mengingatkan dan sesekali memarahi jika saya membuang sampah sembarangan. Selain itu, orang tua saya juga melakukan hal yang sama. Sebagai anak yang baik, tidak ada alasan saya untuk melawan apa yang dinasehatkan tersebut. Sejak saat itu, saya selalu menyimpan sampah yang saya pegang hingga saya menemukan tong sampah. Awalnya masih digenggam, pada akhirnya dimasukkan ke kantung celana. Namanya juga anak-anak, masih polos. hehe.

Kebiasaan tersebut ternyata masih terbawa sampai sekarang saya hampir lepas dari status mahasiswa. Wah, luar biasa. Saya sendiri heran. Hahaha. Pada kenyataannya memang itulah kebiasaan. Dimulai sekali, dua kali, berkali-kali hingga akhirnya terbiasa dan tubuh serasa sudah terprogram. Jadi, biasakan sajalah buang sampah di tempatnya. Yang salah jangan ditawar-tawar apalagi ditiru. Lebih baik kita yang jadi contoh yang baik, betul tidak? Jadi, trendsetter kata istilah gaulnya. hahaha. :D
"Jangan berpikir mengubah dunia menjadi lebih baik jika dirimu sendiri tidak mau kamu ubah menjadi lebih baik."
-seorang teman-

Mari berpikir lagi seperti anak-anak, polos dan tulus. hehehe. :D

Lagi-lagi, saya tidak menggurui ataupun mengatakan saya paling hebat dan benar. Namun, sejujurnya saya juga masih belajar dan terus melewati proses itu. :)

Semoga berguna. :)

pic: aprlianasenjaturkandi.blogspot.com

1 comment(s):