August 24, 2011

Saya baru menyadari satu hal hari ini tentang facebook. Sedikit lucu sih karena baru tahu sekarang. hehe. Hal kecil tapi gunanya sangat besar nih.
Dulu, di tampilan Facebook yang lama, kita pasti ingat bahwa ada menu di sebelah kiri Homepage yang menampilkan link, games, apps, notes dan lainnya yang pernah kita post. Sayangnya saya tidak bisa memberi ilustrasinya karena belum pernah printscreen. hehe.

Nah, di tampilan yang baru ini, menu itu tidak ada lagi. Yang tersisa hanya Favourite, Groups dan Apps. Dimana menu LINK? Saya merasa menu tersebut sebenarnya sangat berguna. Mungkin kita pernah share sebuah link yang dengan notabene 'wajib baca' kemudian beberapa minggu ke depan kita hendak melihatnya lagi. Sayangnya kita lupa bookmark di browser. Menu itu sangat berguna karena berperan sebagai 'forensik' aktifitas kita di Facebook. Benar tidak?

Di tampilan yang sekarang ini, saya baru menyadari bahwa Facebook menyediakan tautan (link) untuk setiap post yang pernah kita buat. Link, foto, status, atau apapunlah. Tepat di notifikasi waktu yang ada di bawah post tersebut, di sanalah letaknya. (Lihat Gambar). Fasilitas seperti ini biasanya dijumpai di website berbasis forum seperti menggunakan phpBB, vBuletin ,IPB dll. Di website berbasis forum, fasilitas seperti itu sangat dibutuhkan untuk mempermudah referensi. Di facebook, sama saja. Klik kanan pada notifikasi waktu yang ditunjukkan panah di gambar, lalu pilih copy URL link dan paste di catatan kita atau bisa saja 'Open in new tab' kemudian kita bookmark. Dalam hal ini, post di gambar itu akan memberikan link seperti ini:
https://www.facebook.com/rey.siahaan/posts/103422209764081 Fungsi yang persis seperti yang ada di forum-web.

Sederhananya, setiap post kita diberi label lengkap dengan waktu post-nya. Dengan fasilitas seperti ini, post yang berumur tahunan pun masih bisa kita panggil kembali atau istilah kerennya 'summon'. hehe. Saya sendiri sering mencari-cari ke history apa yang pernah saya post.

Kurang memperhatikan hal baru nih.. haha.

3 comment(s):

  1. saya mau tanya di facebook saya cuma ada
    - Update status
    - Tambahkan foto
    - Ajukan Pertanyaan
    Terus tidak ada menu Link/Tautan sehingga saya tidak bisa share link...
    Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  2. setau saya, itu pembaharuan terakhir dari facebook mas. Ga ada yang beda secara fungsional, hanya saja emang beberapa tombolnya diilangin.

    Jika mau share link, langsung paste saja link-nya di kotak update status itu. Ntar preview-nya bakal keluar sendiri. Sama aja dengan yang dulu, ga beda. Semoga membantu. :)

    ReplyDelete