August 22, 2011

buang sampah pada tempatnya
Pemandangan yang menarik lagi-lagi saya dapatkan tentang anak-anak. :)
Sore ini, saya sedang bersantai menunggu pukul 5 tiba di pinggir lapangan basket. Sebuah arena bermain basket yang terdiri atas 2 lapangan. Pagar tinggi mengelilingi keduanya. Banyak orang dewasa di sana sedang bermain basket. Di antara orang-orang ini, ternyata ada seorang anak kecil yang umurnya kira-kira masih kurang dari 10 tahun. Tubuhnya kecil dan suaranya masih nyaring. Seorang bocah lelaki yang bukan berkebangsaan Indonesia.

Sebentar saya perhatikan, dia sedang asyik memantul-mantulkan bola basket mini yang dipegangnya. Dia berlari ke sana ke mari seakan menghiraukan panggilan orang-orang yang di sekitarnya. Bocah ini terlihat begitu senang hingga suatu waktu dia tiba-tiba terdiam. Dia terlihat bingung dan melirik ke kanan dan ke kiri. Saya tidak tahu apa yang sedang dicarinya. Namun, kelihatannya bocah ini kehilangan sesuatu. Awalnya saya menyangka ia kehilangan bolanya. Tidak, bolanya masih ada di sana. Jadi apa ya?

Bocah ini kemudian berjalan ke luar arena lapangan basket melewati pagar tinggi di sana. Ia berjalan sendiri, lagi-lagi seakan mencari sesuatu. Orang-orang di lapangan mulai memanggil namanya dan bertanya hendak kemana dia pergi. Anak ini diam saja dan tidak menjawab. Kemudian, bocah ini berhenti di depan tong sampah. Ia mengeluarkan sesuatu dari mulutnya, menggulungnya dan membuangnya di tong sampah itu.

Wow! Pertama kali saya menyaksikan yang dilakukannya, saya kagum sekaligus tertegur. Terlepas dari apa yang ia makan saat itu, tetapi adik ini tahu dimana harus membuang sampah, yaitu pada tempat sampah. Yang membuat saya kagum adalah ia rela berjalan ke luar arena hanya untuk menemukan tong sampah itu. Saya membayangkan yang sering orang dewasa seperti kita lakukan, lempar sana-sini; buang asal saja; dll. Inilah yang membuat saya sangat senang melihat anak-anak dan tidak bosan-bosannya saya belajar agar saya bisa kembali memiliki hati seperti seorang anak-anak. Polos, tulus dan ikhlas.

Hal kecil seperti membuang sampah adalah contoh parameter yang menunjukkan apakah kita orang yang peduli dan tergerak membawa perubahan. :)



pic: aprlianasenjaturkandi.blogspot.com

0 comment(s):

Post a Comment