August 30, 2011

superman with twitter head with-great-power-comes-great-responsibility
Melihat judul di atas tentunya ingat akan sebuah kalimat yang dijadikan tagline pada film Spiderman I, batman, superman atau film superhero lainnya..
With great power, comes great responsibility.

Pada intinya, apa yang saya tuliskan di bawah ini berbau hal yang sama dengan tagline tersebut. Bahkan mungkin sama persis. Penggunaan judul seperti di atas hanya sebagai bunga-bunga saja. haha.

Kekuasaan dan kekuatan. Kedua kata tersebut sering diselaraskan dengan terjemahan kata 'power' pada tagline di atas. Orang yang punya kekuasaan umumnya cenderung memiliki kendali untuk beberapa hal di lingkup kuasanya. Sama halnya dengan kekuatan, orang yang punya kekuatan umumnya juga cenderung mengendalikan orang-orang yang lemah. Kecenderungan ini dapat berakibat buruk ketika yang memilikinya adalah orang yang salah atau dalam kaitannya dengan tagline di atas adalah orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Dewasa ini, kekuasaan dan kekuatan tidak lagi hanya sesempit definisi sebuah jabatan, pangkat, materi, fisik, dll. Di zaman yang berkembang khususnya di bidang teknologi informasi saat ini, bahkan sebuah akun Twitter dapat dikategorikan dalam kata 'Power'. Saya mengambil contoh akun Twitter karena layanan jejaring sosial ini merupakan yang paling mudah dalam menyebar informasi. Satu akun saja dapat di-follow oleh sejumlah tak hingga user. Implikasinya adalah segala kicauan yang keluar dari akun tersebut, terdengar pula oleh sejumlah tak hingga user. Bahkan di luar jumlah tak hingga tadi masih bisa mendengar, jika kicauan tersebut di RT lagi. Haha. Pokoknya tak hingga. ~

Dimana letak 'Power' itu? Untuk sebuah akun Twitter yang memiliki follower yang sangat banyak, sangat tidak bijak ketika kicauan yang keluar adalah berupa umpatan, HOAX, kata-kata kotor, kalimat-kalimat yang memprovokasi dan lain-lain yang secara umum kita katakan tak mendidik. Saya pernah mention ke sebuah akun Twitter yang saya follow seperti ini:
With an highly-followed twitter account, comes great responsibility. Be wise, admin.

Tweet tersebut saya berikan karena saya sedikit terganggu dan heran dengan kicauan-kicauannya yang terkesan 'memprovokasi' sejumlah massa yang ada di daftar follower-nya. Yang bersangkutan seharusnya sadar, yang dia lakukan itu merusak moral orang. Yang membuat saya lebih kesal lagi, dia tak pernah memberi tahu identitas aslinya. Hadeuh, orang seperti ini murni tidak bertanggung jawab. Kita tidak pernah tahu apa yang menjadi respon orang terhadap kata-kata kita, tetapi yang perlu kita tahu dan yakini itu adalah sesuatu yang baik dan dari hati tidaklah jauh dari berbuah baik dan diterima di hati. :)

Jadi, intinya sih bijaklah kita dengan apapun layanan jejaring sosial yang kita punya. Di zaman teknologi informasi seperti ini lihatlah mentri, pemain sepak bola dan artis saja pernah terlibat kasus karena masalah kicauan-kicauan ini.

Be wise! Be responsible!
Salam.


pic: sadanduseless.com (edited myself)

1 comment(s):