March 6, 2011

anugerah dari Tuhan
Kemarin adalah hari berakhirnya kepengurusan beberapa teman2 saya dalam sebuah pelayanan. Seminggu sebelumnya juga merupakan hari berakhirnya kepengurusan teman2 seangkatan saya di pelayanan lain di kampus. Bagi beberapa orang hal tersebut mungkin adalah sebuah hal biasa. Sebuah regenerasi. Namun, aku secara pribadi tidak pernah tahan berada di acara penyerahan tongkat estafet seperti itu. Aku selalu meninggalkan ruangan dan duduk di tempat lain. Mengapa?

Ketika aku melihat teman-temanku diberi kepercayaan untuk memegang sebuah kepengurusan, aku hanya bertanya pada diriku mengapa aku tidak mendapatkan kepercayaan itu. Entah ini iri hati atau refleksi yang berlebihan. Aku sangat tidak berharap ini adalah iri hati. Mungkin ini adalah sebuah refleksi yang berlebihan dari diriku. Ketika aku melihat apa yang telah dipercayakan pada teman-temanku itu, aku sadar bahwa memang belum pantas dipercayakan hal yang seperti itu. Mereka jauh lebih kompeten luar dan dalam. :) Meskipun yang kusadari ini ternyata tidak sepenuhnya benar. Oleh karena itu, setiap menghadiri acara regenerasi seperti ini aku selalu merenung dengan kelemahan-kelemahan yang ada padaku.

Berkaca dari refleksi berlebihan ini, aku mencoba melihat makna pelayanan itu sebenarnya apa. Pelayanan adalah anugerah dan anugerah tidak dipilih oleh manusia. Anugerah diberikan sesuai dengan pilihan yang ditetapkan Yang Maha Kuasa dan pilihan itu tidak pernah salah. Aku sadar bahwa jika Tuhan memang belum mempercayakan hal 'X' bagiku berarti aku memang tidak tepat di situ dan memang bukan jalanNya ada di situ. Dari situ juga aku belajar bahwa Tuhan mengingatkan aku akan kesetiaan dan ketekunan. Aku harus terus belajar untuk tetap setia dan bertekun dalam doa dan membaca FirmanNya karena tidak ada yang tahu apa yang Tuhan rencanakan padaKU. Kapan saja dan dimana saja Tuhan bisa memakaiku.


We Don't Choose to be HIS Servant. HE choose us where, when and what. It's because He knows us.


Teman, jika apa yang kutuliskan dan kupikirkan di sini salah maka mohon komentar dan bimbingannya. :(

0 comment(s):

Post a Comment