March 25, 2011

gambar HTML Code
Zaman sekarang informasi sangat mudah untuk dicari dan didapatkan. Hal ini sungguh berguna tentunya terutama bagi kita yang masih mahasiswa. Tugas-tugas dan bahan kuliah mungkin saja ada di internet. Tidak jarang kita melakukan surfing di internet untuk mencari bahan-bahan bacaan untuk referensi.

Nah, sewaktu kita mencari-cari, mungkin kita tidak memiliki waktu yang banyak sehingga kita melakukan 'save page' pada webpage yang kita telah temukan. Otomatis dengan melakukan ini, kita mengunduh file-file yang membangun satu halaman web tersebut. Namun, ketika kita membukanya lagi, kita mungkin lupa alamat web-nya tadi apa (Source URL). Mungkin kita ada keperluan tugas atau karya tulis sehingga kita harus mencantumkan sumbernya. Jika kita melakukan 'save page', maka ketika kita membuka halaman yang telah disimpan tadi dari folder HDD maka kita akan menemukan bahwa URL yang ditunjukkan di browser kita adalah alamat folder tempat kita menyimpan halaman tersebut. (*jelas ndak yah :p )

Sebenarnya yang mau disampaikan singkat dan sederhana saja. Kita bisa melihat Source URL-nya atau alamat halaman web yang kita download itu dengan melakukan hal sbb.
1. Buka file 'html document' yang sudah kita unduh (biasanya .htm atau icon-nya berupa icon browser kita)
2. Sesudah halamannya terbuka, tekan CTRL+U untuk melihat page source
3. Temukan di bagian paling atas dengan tulisan hijau atau berupa tag HTML comment yang bertuliskan cth:
<!-- saved from url=(0063)http://www.blogger.com/post-create.g?blogID=6122699954435364369 -->"

Tulisan yang diberi warna merah adalah alamat halaman yang kita unduh sebelumnya.
Segitu aja sih. hehe :p


pic:
techpin.com

1 comment(s):