November 10, 2010

meningkatkan kemampuan berkonsentrasi
Hari ini saya baru menyadari satu hal. Apa itu? Hal itu adalah sebuah karakter teman satu angkatan saya di bangku kuliah. Teman saya ini ramah, tidak banyak neko - neko dan rajin. Yang baru saya tahu adalah bahwa dia ternyata orang yang sangat tidak bisa multitasking. Maksudnya? Yah, ketika teman saya ini sudah serius pada suatu kegiatan/pekerjaan, dia tidak akan dengan mudah dapat teralihkan ke kegiatan lain dalam waktu yang sama. Dengan kata lain, sangat sulit baginya untuk melakukan dua atau lebih pekerjaan dalam waktu bersamaan. Misalnya, bernyanyi sembari menulis.



Apa yang anda pikirkan ketika melihat orang seperti ini di sekitar anda? Saya sendiri secara pribadi akan merasa iri. lol . Mengapa? Karena saya adalah orang yang sangat susah berkonsentrasi dalam suatu pekerjaan. Dengan kata lain, sangat mudah bagi saya untuk teralihkan ataupun dialihkan dari kegiatan yang sedang saya kerjakan. Melihat orang seperti teman saya ini membuat saya berpikir. hehe.

Konsentrasi. Apa sebenarnya yang membuat orang mudah berkonsentrasi? Terlepas dari segi kesehatan, adakah faktor yang mempengaruhi kemampuan orang berkonsentrasi? Apakah konsentrasi itu dilatih atau memang bakat? 

Sekali lagi, terlepas dari segi kesehatan, menurut saya pribadi, konsentrasi itu adalah sesuatu yang dilatih. Sesuatu jika tidak dilatih maka tidak akan berkembang menjadi lebih baik. :) Oleh karena itu, karena melihat teman saya ini , saya ingin melatih konsentrasi saya lebih maju lagi agar ketika melakukan pekerjaan - pekerjaanpun dapat dengan maksimal ^_^b

Bagaimana caranya meningkatkan kemampuan berkonsentrasi ini ya?
Ada beberapa tips yang diberikan oleh teman - teman saya,
banyak bermain catur
banyak membaca
banyak menulis
pokoknya, banyak melakukan hal - hal yang membutuhkan konsistensi berpikir dan waktu. Seperti itu. Yah, sekedar saran dari teman hehehe :D

Bagaimana dengan anda ?
Latihlah kemampuan anda berkonsentrasi dengan banyak berpikir :D


Sekian.
Gbu

2 comment(s):

  1. oke gan, saya akan coba.. lagi sulit konsen nih...


    kunjung juga ya..
    [url=http://the-short-tie.xp3.biz/]blogku[/url]

    ReplyDelete
  2. terima kasih kunjungannya.

    semoga berhasil usahanya. :)

    ReplyDelete