November 22, 2010

keep trying and studyHari ini di kelas analisis struktur I, saya diajarkan sesuatu hal yang sangat menarik dari salah seorang profesor di teknik sipil. Namanya, Prof. Binsar Hariandja. Profesor ini sangat menarik dalam mengajar. Meskipun tidak selalu apa yang beliau ajarkan dapat saya terima dengan baik, saya tetap senang dengan kelas profesor ini. :)

Di sela - sela materi analisis struktur dengan metoda distribusi momen (Hardy-Cross), beliau menyempatkan diri sedikit bercerita tentang dirinya dulu sewaktu menjadi mahasiswa dan bagaimana mahasiswa yang baik itu. Tadi, di kelas beliau menceritakan bagaimana dirinya dulu sewaktu kuliah sangat rajin dan benar - benar menguasai pelajaran. Ya bagaimana tidak, sekarang saja sudah bisa jadi profesor. hehe . Bahkan, seminggu sebelum ujian, beliau hanya menghabiskan waktu untuk refreshing. Hebat benar.

Namun, yang menarik dari tadi sore adalah ketika profesor menanyakan pada kami mengenai tugas yang dia berikan. Ketika beliau bertanya apakah kami sudah mengerti, mayoritas hanya terdiam dan terlihat bingung. Kemudian profesor ini melanjutkan,"apa yang sulit?" Sejenak, kami terdiam lagi. Tidak tahu entah karena memang tidak mengerti atau memang tidak tahu apa yang tidak dimengerti. hahaha Namun, beliau membuka dengan sebuah tulisan di papan tulis.
"NEVER TRIED"
"It's not difficult at all. You just never tried"
, lanjutnya.

Sedikit merenung dalam hati dan mulai menerima akan pernyataan profesor tersebut. Sama halnya yang disampaikan dalam film "The Blind Side (2009)", saat big mike belajar dia berkata bahwa dia tidak bisa. Namun, gurunya mengatakan 'belum', kamu hanya belum bisa melakukannya, tetaplah mencoba. :) Kedua hal yang disampaikan adegan ini dan perkataan profesor tadi adalah sama. Berlatih dan mencoba.

Kita mahasiswa ataupun pelajar pasti sering mengeluh tentang pelajaran - pelajaran yang kita hadapi, banyaknya tugas yang menyita waktu dan ketidakmengertian kita akan pelajaran yang sulit - sulit. Pada dasarnya, saya sendiri menyadari bahwa sifat malas lah yang membuat kita suka mengeluh. Saya juga sering menghadapi keadaan dimana saya sangat malas dalam mengerjakan tugas kuliah karena saya tidak mengerti pelajaran tersebut padahal solusinya sederhana, yakni mencobanya.

Ketika kita tidak tahu sesuatu seharusnya kita mencari tahu, bukannya menunggu orang memberi tahu, bukan? Terkadang ada rasa penyesalan jika karena kemalasan , saya menjadi tidak tahu. Mungkin sifat seperti ini juga yang membuat mayoritas kita warga Indonesia tertinggal dari negara lain dalam hal pendidikan. :( hufh.. Smoga budaya kemalasan seperti ini bisa cepat kita enyahkan dari diri kita masing - masing agar kita semakin berkembang dan semakin cerdas dan berkarya untuk bangsa. ^_^b

Terima kasih prof atas nasihatnya, mengingatkan saya akan banyak hal dan tentunya memberi semangat..

Gb

0 comment(s):

Post a Comment