October 9, 2010

Menurut id.wikipedia.com,
Musik adalah bunyi yang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah, lokasi, budaya dan selera seseorang.

dan
Lagu merupakan gubahan seni nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal (biasanya diiringi dengan alat musik) untuk menghasilkan gubahan musik yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan (mengandung irama).


Musik merupakan suatu karya ciptaan Tuhan yang sangat indah. Terkadang lewat musik, seseorang dapat menunjukkan perasaannya. Lewat musik juga seseorang dapat menenangkan perasaannya. Nada - nada yang disusun dapat membawa manusia seakan - akan berimajinasi dan mendapatkan dunianya sendiri. Dinamika dan tempo permainannya mengendalikan suasana hati. :)
Begitu kompleks dan indahnya musik itu.

Berbagai jenis musik ada di zaman sekarang ini. Dari mulai yang sangat lambat seperti keroncong, hymne, dll sampai ke yang dinamis dan keras seperti rock dan metal. Aliran musik ada dan muncul bukan tanpa alasan tetapi karena memang ada orang - orang yang menyukainya. Oleh karena itu, semua musik perlu dihargai dan semua pecinta musik apapun itu perlu dihargai.

Musik dan lagu umumnya dapat dianggap sama. Keduanya merupakan perpaduan bunyi yang menghasilkan irama yang enak didengar. Dulu, seseorang menikmati musik ketika musik itu memiliki nada - nada yang membuatnya tenang dan/atau bergoyang. Oleh karena itu, musik - musik dahulu adalah musik - musik lambat, megah dan 'elegan' dengan contoh gubahan Mozart, Beethoven, Pachabel dll. Kenikmatan musik merupakan hal yang disukai semua orang di zaman dahulu. Kenikmatan seperti apa sebenarnya?

Menurut saya pribadi, kenikmatan musik terletak pada perpaduan nada - nada, dinamika, tempo dan yang sering dihiraukan adalah lirik. Musik/Lagu yang indah adalah musik/lagu yang lirik dan nada-nadanya saling bergandengan dan seakan - akan berusaha menyampaikan lirik itu kepada pendengar melalui dinamika dan intonasinya. Sekarang ini, saya melihat banyak kaum muda yang tidak melihat kenikmatan ini lagi. Musik yang bagus adalah yang iramanya enak, disenangi banyak orang, penyanyinya ganteng/cantik dll. Seperti itulah yang saya lihat sekarang ini. Terkadang anak - anak muda menyukai sebuah lagu yang jika diperhatikan, liriknya sebenarnya tidak berarti apa - apa atau bahkan tidak variatif sama sekali alias cuma satu kalimat.

Menikmati musik dari kacamataku adalah menikmatinya dalam satu paket penuh. Liriknya, iramanya, dinamika dan segala kelengkapannya. Terlalu perfeksionis memang tetapi itulah musik yang kutahu. :) Anak muda sekarang mungkin menganggap ini naif tetapi memang inilah musik yang kutahu dan sepertinya memang harusnya seperti ini. :p
Musik/lagu yang bagus seharusnya menjadi pusat ketertarikan orang banyak. Dan Musik/lagu yang bagus seharusnya memperhatikan 'packaging' yang saya paparkan di atas. Ketika saya menyukai irama sebuah lagu , saya selalu penasaran mencari liriknya. Tidak jarang saya mendapati rasa kecewa karena lirik yang disampaikan ternyata tidak sinkron dengan irama lagu tersebut.

Jadi, ketika menyukai musik , cobalah perhatikan liriknya. Apa yang kita rasakan ketika membaca lirik itu sambil mendengar lagunya. Dengan begitu, musik itu bisa kita nikmati dengan lebih lagi. ^_^

Sekian
Semoga Berguna
Gbu

^_^

0 comment(s):

Post a Comment