October 12, 2010

Elementa Chemiae??!!
Termahal?! Kok bisa??!!

Berikut info yang bisa saya dapatkan,


***
Buku ini adalah karya terakhir dari seorang dokter Belanda bernama Hermann Boerhaave. Beliau meninggal dunia pada tahun 1738. Sebelum wafat, ia meninggalkan sebuah buku tebal bersegel dengan judul "The Onliest and The Deepest Secrets of The Medical Art". Judul tersebut kurang lebih memiliki arti 'Rahasia paling mendalam dan satu-satunya dalam seni pengobatan".

Suatu hari, buku peninggalan ini dilelang. Buku ini laku dengan harga $20,000 . Harga yang cukup tinggi untuk sebuah buku bukan. Pantas saja disebut sebagai buku termahal. Namun, ketika pembelinya membuka segel buku ini, pemenangnya hanya menemukan 1 halaman yang berisi tulisan sedangkan 99 halamannya kosong.
Dan yang sangat membuat buku ini unik dan dibahas adalah 1 halaman itu hanya berisi sebuah kalimat yang berarti:
"Jaga diri untuk tetap tenang, jaga kaki agar tetap hangat, dan kamu akan membuat dokter terbaik sekalipun menjadi miskin."
***

Rasa ingin tahu saya membuat saya ingin menyelidiki lebih lagi tentang buku ini. Setelah membaca beberapa review dan mengecek ke google books. Entah ini berbeda atau salah informasi, yang saya dapatkan di sana ternyata buku ini memiliki lebih dari 400 halaman dan semuanya berisi tulisan.

Interpretasi saya adalah pada zaman waktu buku ini dilelang, buku yang dilelangkan adalah yang palsu dan hanya bermaksud mempermainkan orang - orang saja sementara yang aslinya disisihkan. hahahaha...
Mungkin benar, mungkin salah. Hanya interpretasi, karna saya bukan ahli sejarah juga. :D

Sekian
Semoga Berguna.
Gbu

0 comment(s):

Post a Comment