October 16, 2010

perkenalan secara sederhana dengan webhostingTeman - teman yang sering menjelajahi dunia internet pasti familiar dengan yang namanya webhosting. Di sini saya akan coba menjelaskan dengan bahasa yang sangat sederhana. Sebagian dari yang saya tulis di sini mungkin adalah pengalaman dari saya pribadi.

Dari namanya saja kita bisa memprediksi apa itu webhosting. Webhosting adalah layanan 'titip web' yang disediakan beberapa provider di seluruh dunia untuk orang - orang yang ingin membangun atau membuat website-nya. Webhosting pada umumnya adalah berbayar. Terang saja, karena menyediakan webhosting bukanlah hal yang mudah dan gratis. Dengan menyediakan hosting atau istilahnya menjadi tuan rumah atas website orang lain, maka provider tersebut juga menyediakan space Harddisk, koneksi dan berbagai keperluan lainnya agar web yang 'dititipkan' di layanan hostingnya dapat diakses oleh orang banyak. Namun, untungnya ada beberapa provider hostingan yang berbaik hati dan memberikan webhosting secara gratis. :D

Jadi, secara gamblangnya webhosting itu adalah sebuah mesin ataupun komputer yang dijadikan server (pusat kerja) dan terhubung ke internet. Ketika seseorang memesan hosting, maka ada folder baru yang akan dibuat di dalam server webhosting tersebut dan biasanya pengguna layanan tersebut akan diberikan akses untuk hanya menyentuh folder miliknya pribadi. Untuk teman - teman yang pernah mempelajari server dengan OS apapun pasti sudah cukup paham. ^_^

Saya pribadi pernah mempelajari bagaimana menjadi penyedia webhosting. Kebetulan di kampus saya sempat mendapatkan mesin untuk dioprek sebagai server. Jadi, sedikit banyaknya saya tahu cara kerja webhosting provider itu sendiri. Namun, tidak terlalu expert. :p

Baca selanjutnya mengenai Domain.

Sekian, Semoga Berguna. :)
Gbu

0 comment(s):

Post a Comment