October 16, 2010

perkenalan singkat dengan domainPernah mendengar domain? Tentu saja. Di SD saja pasti sudah dijelaskan mengenai domain di teori himpunan. hehe. Namun, bukan itu yang akan saya bahas di sini. :D Domain yang akan saya bahas adalah kaitannya dengan web.

Domain adalah tanda pengenal berupa nama yang diberikan untuk sebuah web. Teman - teman tentunya sudah mengenal yang disebut sebagai IP Address adalah sebuah protokol yang menjadi penentu alamat dimana sebuah web terletak. Dulu, web tidak menggunakan domain name melainkan dengan IP address. Bisa dibayangkan seberapa sulitnya menghapal sebuah nama web saja. hehe :p Untuk itulah diciptakan sebuah tanda pengenal yang lebih reliable bernama domain name. Pada intinya sebuah web memiliki 1 IP address yang pasti dan tetap tetapi dapat memiliki domain name yang dapat diganti - ganti kapan saja oleh adminnya. Siapa adminnya? Itulah yang empunya webhostingnya. hehe. Baca tentang webhosting di sini.

Domain - domain yang ada di internet diatur oleh Domain Name Server atau yang biasa disingkat DNS. DNS mendeklarasikan domain untuk tiap IP address yang didaftarkan sebagai web. Oleh karena itu, jika teman - teman pernah menggunakan layanan webhosting dengan layanan domain yang berbeda tempat maka ada prosedur untuk ngeset name server-nya. Itulah yang dimaksud dengan DNS. Agar domain yang telah didaftar menjadi terhubung dengan hosting-nya maka perlu diset DNS yang benar.

Domain terdiri dari beberapa level:

1. TLD (Top Level Domain) adalah deretan kata yang mengikuti nama domain. Contohnya:

*.com = situs yang bersifat komersial
*.edu = situs pendidikan
*.gov = situs pemerintah
*.net = situs dari organisasi yang bergerak di bidang jaringan
*.biz = situs bisnis
*.aero = situs khusus untuk industri transportasi udara
*.pro = situs bagi profesional seperti akuntan, pengaracara, dokter, dan profesi
*.org = situs organisasi nonkomersil
*.info = situs bagi para penyedia informasi
*.store = situs bisnis yang khusus menawarkan barang
*.arts = situs aktivitas budaya dan hiburan
*.nom = situs individual
*.mil = situs militer
dll.

Selain itu, ada juga yang disebut ccTLD (Country Code Top Level Domain). ccTLD adalah TLD lokal untuk negara tertentu, misalnya seperti di Indonesia *.id (Indonesia).

2. SLD (Second Level Domain)
contohnya : *.com

3. Third Level Domain atau subdomain adalah nama yang diikuti oleh SLD. Subdomain adalah domain yang ada di dalam domain. Contohnya: mail.yahoo.com adalah subdomain dari www.yahoo.com ,seperti itu.

Beberapa Top Level Domain memerlukan izin khusus dan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkannya, contohnya untuk *.co.id, *or.id, *.go.id , *.mil, *.gov, *.ac.id. Untuk dapat menggunakannya kita memerlukan izin .

Terakhir, domain ini umumnya tidak gratis. Lagi - lagi. hahahaha. Namun, ada beberapa domain yang dapat diperoleh gratis dan umumnya kata-katanya jelek. hehehe. Namanya juga gratisan.

Sekian,
Semoga Berguna.
Gbu

0 comment(s):

Post a Comment