October 16, 2010

belajar membangun webSetelah cukup penjelasan dengan yang di sini:
Webhosting
Domain

sekarang saya akan sedikit berbagi lagi pengalaman tentang bagaimana saya belajar menggunakan layanan webhosting di internet. Telah dijelaskan sebelumnya bahwa layanan webhosting dan domain pada umumnya adalah berbayar. Namun, ada beberapa yang berupa gratisan. Nah, yang gratisan tersebutlah yang bisa kita jadikan sebagai tempat kita belajar, kecuali punya mesin yang dapat dijadikan server sendiri dan jaringan yang mengizinkan. :p nevermind! Kita akan belajar membangun website dengan domain dan hosting gratisan saja. Kelemahan dari gratisan adalah domain dan hosting biasanya tidak akan bertahan lebih dari 1 tahun atau bahkan kurang. :ninja:

Berikut ini adalah yang bisa teman - teman jadikan sebagai tempat belajar.
Domain bisa daftar di sini:
www.co.cc
www.cz.cc
dll, bisa dicari sendiri.

Hosting bisa didaftar di sini:
www.freehostia.com
atau jika ingin sekaligus domain dan hosting bisa mencoba yang ini:
www.000webhost.com

Saya lebih menyarankan memakai yang freehostia untuk hosting karena dia menyediakan pre-installation script. Jadi , ketika kita mendaftar untuk hosting , kita bisa meminta web kita tersebut diinstallkan terlebih dahulu CMS yang tersedia seperti Wordpress, Joomla, phpBB dll.

Tidak lupa sekali lagi saya ingatkan, jangan terlalu berharap dengan kualitas dan keterjaminan karena yang gratisan selalu punya kekurangan dan tidak bebas. haha. :p

Setelah mendaftarkan domain di salah satu site di atas, sekarang saatnya mendaftar ke hosting-nya. Pilih saja paket yang gratisannya. Isi formulir pendaftarannya. Biasanya yang terpenting adalah username , password dan e-mail. That's it. Selebihnya tidak akan terpakai menurut saya. :D Jika sudah terdaftar dua-duanya, maka sebelum berhasil membangun awal dari web kita, kita perlu ngeset name server yang kita gunakan. Jika memakai yang 000webhost dengan domain yang disediakan maka tidak perlu mengatur name server-nya. Pengaturan nameserver hanya akan dilakukan jika domain dan hosting kita berbeda provider. Setting DNS (Domain Name Server) kita lakukan di akun tempat kita mendaftarkan Domain tadi. Begitu.

Setelah selesai setting DNS biasanya butuh waktu beberapa jam untuk dipersiapkan. Setelah itu, kita dapat melihat bahwa website kita sudah terpasang di hosting dan bisa dicek di domain yang kita daftarkan tadi.

Layanan hosting umumnya akan memberikan akses cPanel, MySQL dan FTP account. Akses ini dapat kita gunakan untuk mengembangkan web-nya. Saya sendiri biasanya mengerjakan web saya di localhost sebelum kemudian akan saya upload dan publish di hosting yang asli di internet. :)

Sekian,
Semoga Berguna.
Gbu

^_^

0 comment(s):

Post a Comment