September 22, 2010

alegganyart.com
Hari ini ada diskusi menarik dengan salah satu dosen. Diskusi ini cukup sederhana tetapi cukup berguna.
Semua orang pasti pernah belajar dalam hidupnya. Yang menjadi pertanyaan adalah apa dan darimana pembelajaran itu. Umumnya, belajar sering dikaitkan dengan yang namanya Ilmu Pengetahuan. Apa itu ilmu pengetahuan? Ilmu pengetahuan adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia (id.wikipedia). Ilmu pengetahuan juga bukan hanya apa yang kita peroleh di bangku sekolah maupun perkuliahan. Ilmu pengetahuan bersifat komprehensif dan global. Seperti yang disebutkan di pengertian di atas, apa saja yang meningkatkan pemahaman manusia disebut sebagai ilmu pengetahuan. Semakin luas ilmu pengetahuan kita semakin tinggi pula pemahaman kita sebagai manusia terhadap apa yang ada di dunia.

Menurut penjelasan awal di atas, Ilmu pengetahuan itu penting, bukan? Selain penting, ilmu pengetahuan juga bukan sesuatu yang statis. Ia terus berkembang dan berkembang. Penemu - penemu di zaman dahulu, orang - orang besar dari zaman dahulu sampai sekarang pastinya memiliki ilmu pengetahuan yang luas. Namun, ada satu benang merah yang menghubungkan mereka. Ilmu pengetahuan yang mereka punya tidak disimpan untuk mereka sendiri saja tetapi dipublikasikan dan disebarkan ke masyarakat luar.
Mereka menyadari bahwa ilmu itu harus dipakai untuk membantu kehidupan manusia. Apalah gunanya ilmu pengetahuan yang begitu luas jika tidak berguna bagi orang banyak.

Dengan membagikan ilmu pengetahuan yang kita punya juga ada hal yang secara tidak langsung kita terima dan pelajari. Sebagai contoh, ketika kita mengungkapkan apa yang kita ketahui tentang sesuatu kepada orang lain, bisa saja orang itu mempunyai pandangan lain yang mungkin dapat mengembangkan bahkan menyempurnakan apa yang kita ketahui. Tidak ada manusia yang menguasai seluruh ilmu pengetahuan yang ada di dunia. Namun, kita sebagai manusia dan masyarakat khususnya dapat saling berbagi dan saling meningkatkan pemahaman kita.

Senanglah berbagi.
Jangan sombong dan tetaplah rendah hati. :)

Sekian
Semoga Berguna.
GBu


0 comment(s):

Post a Comment