September 26, 2010

Sewaktu saya memulai belajar HTML, saya bingung akan beda kedua tag ini. Mengapa harus dibuat demikian
<div id="contoh"> </div> dan bukan memakai <div class="contoh"> </div>

Namun seiring dengan belajar dan belajar, saya mengerti dimana ada perbedaan mendasar dan sekaligus membuat kedua tag ini unik satu sama lain sehingga penggunaannya berbeda.

Tag 'ID' adalah tag yang unik.
* Setiap elemen hanya dapat memiliki satu ID
* Setiap halaman hanya dapat memiliki satu ID dengan nama ID tersebut

Ketika saya belajar hal-hal ini, saya berkali-kali membaca dan mendengar bahwa kita hanya menggunakan ID sekali, tetapi kiga dapat menggunakan CLASS berulang-ulang. Ini benar.



Tag 'CLASS; merupakan tag yang TIDAK unik
* Anda dapat menggunakan kelas yang sama pada beberapa elemen.
* Anda dapat menggunakan nma kelas yang sama berkali - kali dalam satu halaman.


Perbedaan mendasar inilah yang membuat pengunaannya di halaman web biasanya berbeda. Untuk beberapa bagian yang perlu style yang sama dalam CSS biasanya web designer memakan tag CLASS untuk mempermudah. Bayangkan saja jika kita memakai tag 'ID' maka akan sangat susah untuk mengatur style beberapa bagian yang harusnya kita bedakan tersebut.



0 comment(s):

Post a Comment