September 23, 2010

Kata 'pemimpin' mungkin sangat sering diperdengarkan di telinga mahasiswa pada umumnya. Mahasiswa selalu disibukkan dengan nasihat - nasihat mengenai seorang pemimpin dan bagaimana menjadi seorang pemimpin. Lebih jauh lagi, kata 'visi' selalu mengikuti kata 'pemimpin' ini. Pemimpin tanpa visi adalah pemimpin yang tak berarah bahkan orang seperti itu tidak layak disebut sebagai pemimpin. Itu benar dan sudah terbukti. :)

Seorang pemimpin pasti memiliki pengikut karena seorang pemimpin tahu memberi pengaruh dan bisa membuat orang lain setuju dengan pemikirannya. Oleh karena itu, ketika seorang pemimpin tidak memiliki visi, arah geraknya tidak akan jelas dan implikasinya tidak ada satu orangpun yang mau mengikuti seorang pemimpi yang tak punya arah dan tujuan yang jelas. Pemimpin harus punya Visi! Itu dulu, Super sekali... :p

Konsistensi. Apa itu konsistensi? Konsistensi dalam KBBI merupakan kematangan dan kemantapan dalam bertindak. Sedangkan dalam Oxford Online Dictionary berarti acting or done in the same way over time , especially so as to be fair or accurate. Jelas bahwa konsistensi adalah kemantapan/komitmen kita dalam bertindak untuk melakukan sesuatu demi mencapai sesuatu hal.

Mulai terlihat benang merah antara visi dan konsistensi. Jika, kita ingin menjadi seorang pemimpin dan bukan pemimpi, maka milikilah visi yang jelas. Lebih jauh lagi, jika kita ingin menjadi seorang pemimpin yang berhasil , berkarya dan mungkin mengubah dunia maka konsistenlah dalam pencapaian visi itu. Visi yang jelas hanya akan menjadi debu jika tidak dibarengi dengan konsistensi dalam prosesnya. Lakukanlah hal - hal yang baik untuk mencapai visi tersebut dan konsistenlah dalam melakukan hal tersebut. Mencapai sesuatu dengan mental yang 'panas panas t**k ayam' adalah sesuatu hal yang melelahkan baik raga maupun batin. Saya sendiri pernah merasakannya dan itu sangat menyengsarakan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki visi dan tidak kalah penting lagi untuk menjaga konsistensi kita dalam berusaha mencapai visi tersebut.

Selamat mengejar visi hidupmu, teman - teman.

Semangat selalu dan jangan pernah lupa untuk berdoa dan minta bantuan Tuhan dalam segala usaha dan rencanamu. Karena KehendakNYA lah yang terjadi, bukan kehendak kita.

Sekian.
Semoga berguna dan Menjadi Berkat.
GBu

0 comment(s):

Post a Comment