July 23, 2010

Jika diperhatikan ke beberapa tahun terakhir, maka banyak sekali berita yang muncul dari kampus ganesha, ITB. Tidak banyak berita baik. Kebanyakan berita buruk. Apakah benar hanya berita buruk saja yang muncul dari ITB?

Saya adalah seorang mahasiswa ITB. Terus terang saya pribadi sangat prihatin akan apa yang terjadi PADA kampus saya beberapa tahun terakhir. Bukan karena 'peristiwa' tetapi karena pemberitaan yang terkadang muncul begitu cepatnya tanpa ada kecermatan dalam meliputnya. Masyarakat luas butuh informasi dan berita terkini tetapi 'terkini' dan 'hangat' bukan berarti HOAX!! Tidak ada undang - undang yang melarang pemberitaan tetapi secara moral dan etika, dimana letak integritas sebagai penyampai berita di kala berita yang disampaikan masih dikatakan 'prematur'??

Beberapa tahun belakangan ini sepertinya kampus ganesha 10 ini telah menjadi langganan wartawan akibat banyak berita kontroversial. Adanya keterbukaan, itu bagus. Namun , sekali lagi media harus bisa mempertanggung jawabkan apa yang telah disampaikan. :) Tidak semudah membalikkan telapak tangan ketika kita salah memberitakan sesuatu yang mengubah persepsi orang banyak. :)

Yang aku herankan lagi adalah setiap berita buruk pasti diungkit ke 'headline' tetapi adanya kabar baik selalu kebagian di sudut kecil ruang media. :(
ITB ataupun kampus lain pasti sangat ingin prestasi, inovasi dan kabar baik yang datang dari kampusnya dapat diketahui orang banyak. ITB dan media hanyalah satu contoh hubungan media dengan kampus.

Terus terang, untuk berbagai pemberitaan yang cepat dan 'hot' yang menyebar selama ini, banyak sekali yang 'asal' keluar... :(
Saya kecewa terhadap media, yang selama ini saya anggap dapat memberitahu saya mengenai dunia luar.. Semoga kekecewaan ini dapat terobati akan adanya perubahan dari media yang menjaga ke-valid-an berita sebelum berita itu benar - benar di-expose.

ITB dan media hanyalah satu contoh hubungan antara kampus dan media. Semoga ke depannya ada perubahan yang lebih baik dan tentunya media bisa menjadi salah satu faktor yang mendorong semangat mahasiswa untuk berprestasi. :)

No offense,
just another wishes from me... ^_^

Salam.

0 comment(s):

Post a Comment