July 26, 2010

Beberapa waktu lalu saya menjalani sebuah proses perkuliahan yang adanya di lapangan. Pada dasarnya ini seharusnya menjadi sebuah Kuliah Kerja Nyata. Namun, yang saya alami kemaren adalah pendidikan lapangan yang menarik. :) Meskipun saya tidak mendapat pengalaman kantoran sama seperti teman - teman yang lain, tetapi saya bersyukur bisa mendapat tempat Kerja Praktek seperti yang kemarin. Banyak sekali wejangan dan nasihat yang diperoleh. :) Oleh karena itu, saya akan membagikan sedikit tentang apa yang saya dapatkan dari pengalaman kemarin.

Mahasiswa pastinya diharapkan bisa langsung terjun ke dunia kerja ketika dia lulus. Namun, kenyataannya hal itu sangat sulit terjadi karena pengalaman dalam perkuliahan sangat berbeda dengan pengalaman dalam dunia kerja nyata. Apa yang kita hadapi di perkuliahan bisa dikatakan hanya sebagian kecil atau hal mendasar yang akan kita pakai di dunia kerja nanti. Untuk menjadi pekerja, tidak cukup hanya tau hal mendasarnya saja tetapi juga harus memiliki KEYAKINAN DIRI. Sebenarnya yang namanya KEYAKINAN DIRI telah dipelajari juga di bangku kuliah. Yah, setidaknya secara tidak langsung. Contohnya adalah ketika kita mengerjakan tugas besar. Tanpa keyakinan diri yang kuat pasti tugas itu hanya akan menjadi seonggok contekan yang berasal dari teman sekelas. :p

Apa yang dimaksud dengan KEYAKINAN DIRI disini?
Saya akan menjelaskannya sesuai dengan yang dijelaskan kepada saya.
Ketika kita lulus dari bangku kuliah sudah hal yang lumrah bahwa kita adalah 'senjata berisi peluru' tetapi tanpa 'pelatuk'... Yah. Kita sudah diisi tetapi kita tidak tahu bagaimana cara menyampaikan apa yang ada di dalam diri kita. Ketika kita diminta untuk melakukan sesuatu pekerjaan, pasti ada perasaan takut karena kita belum pernah memegangnya. :) Disitulah letak KEYAKINAN DIRI ini sangat dibutuhkan. Jika kita adalah orang yang tidak berkeyakinan diri yang tinggi, kita akan menolak atau mengalihkan pekerjaan itu ke orang lain. Jika hal itu terus berlanjut maka tak ada kesempatan bagi kita untuk membangun karir dan meraih prestasi yang lebih lagi dalam pekerjaan. Benar bukan?!

Ketika kita bekerja tetapi tidak ada yang kita capai maupun kita bangun, itu sama saja dengan orang tanpa tujuan dan itu dekat artinya dengan orang gagal. :p
Kita harus belajar YAKIN pada diri kita bahwa sesuatu itu dapat kita kerjakan dengan baik meskipun pengalaman kita sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali. :D Cari tahu dari yang lebih berpengalaman. Minta bimbingan, dsb. Karena memang itulah hakekat belajar itu. Selalu mencari tahu dan untuk mengetahui itu perlu adanya KEYAKINAN DIRI.

Mungkin itu sedikit yang bisa dibagikan saat ini. Banyak sebenarnya yang bisa dibagikan dari diskusi - diskusi yang saya alami bersama pembimbing di lapangan dan orang - orang lain di sana. Jika ada waktu, maka tentunya akan dibagi. :)



Sekian.
Semoga berguna.

0 comment(s):

Post a Comment