May 9, 2010

Beberapa hari yang lalu aku mengalami sedikit kekecewaan yah boleh dikatakan sesuatu terjadi tetapi di luar yang seharusnya kuharapkan...

Aku sedang melaksanakan sebuah kegiatan di kampus. Kebetulan, aku menjadi pemimpin kegiatan ini. Sebagaimana kegiatan terstruktur lainnya, pasti ada target dan harapan. Nah, di kegiatan ini aku sebenarnya dah menaruh harapan hasilnya ataupun progress nya nanti bagaimana.

Di tengah perjalanan, aku mendapati bahwa harapan2 yang telah aku taruh di kegiatan ini ternyata tidak muncul sama sekali. Aku mengharapkan adanya A, malah yang muncul B atau tidak ada sama sekali. Awalnya sangat kesal dan kecewa dan berusaha mencari cara agar harapan tadi bisa terwujud. Namun, di pertengahan waktu aku berpikir , aku menyadari bahwa ini kesalahanku... Sebetulnya aku boleh kecewa tetapi sedikitnya ada kesalahan di diriku.

Kesalahanku adalah aku tidak mempersiapkan diri maupun plan lain seandainya harapan tadi tidak terpenuhi. -_-a
Aku menganggap semuanya ideal padahal tidak ada yang begitu ideal di dunia ini sampai tidak memerlukan rencana cadangan. Seorang pemimpin adalah biasa jika merasa kecewa ataupun sedih karena harapannya tidak terpenuhi, tetapi seorang pemimpin yang baik dan besar selalu mempersiapkan diri akan adanya 'unexpected condition' .

Mempersiapkan ini bukan berarti tidak optimis tetapi memang semuanya harus diberikan back up. Pemimpin yang baik selalu siap sedia dan bijaksana. Inilah bagian dari kebijaksanaan itu.

Kejadian belakangan itu membuat aku belajar satu hal yang memang membantu. Untuk menjadi pemimpin yang baik, perlu adanya kebijaksanaan dan kebijaksanaan ini tidak datang begitu saja meskipun itu adalah talenta. Hal itu memerlukan latihan dan latihan membuat semakin baik. :)
Kebijaksanaan mungkin sudah sering dikaitkan dengan kepemimpinan, tetapi kadang orang - orang yang berusaha menjadi pemimpin lupa akan adanya keputusan-keputusan yang crucial tetapi tersembunyi. Untuk itulah dibutuhkan visi yang jelas. Wow, Kepemimpinan memang sesuatu yang kompleks tetapi kembali ke latihan tadi, latihan membuat semakin baik. :)

Menerima hal yang tak sesuai harapan hampir sama dengan menerima kekalahan. Orang - orang besar di dunia ini berawal dari berbagai kekalahan... Oleh karena itu, jika memang telah melakukan hal yang salah maka belajarlah dari hal itu dan jadikan diri kita lebih baik lagi ke depannya :D

Sekian.

0 comment(s):

Post a Comment