May 1, 2010

Mungkin kita sering berhadapan dan bercengkrama dengan komputer, laptop dll, tapi pernah ga kita ngelihat sesuatu yang menarik ketika kita mengecek propertis dari sebuah file. Begini misalnya:

Jika dilihat lebih teliti , maka terlihat bahwa size dan size on disk memiliki nilai yang berbeda. Pada beberapa file mungkin bedanya sangat tipis tetapi kadang saya menemukan beberapa file yang bedanya size dengan size on disk mencapai 1 MB.

Jadi, apa sih sebenarnya bedanya kedua istilah ini?

Sebuah file itu atau bisa kita sebut data merupakan kumpulan byte2 yang mengisi 'kabin' byte yang ada di memori komputer. Jadi ketika kita mempunyai data sebesar 10 MB maka sebenarnya komputer akan menyediakan sebuah 'kabin' yang dapat dimuat sebesar 10MB. Namun, pada kenyataannya sebuah memori komputer tidak fleksibel terhadap besar data atau sederhananya komputer itu sudah punya besar 'kabin' sendiri. Jadi, ketika file sebesar 10MB masuk sebenarnya ketika di dalam memori , dia tidak memakan murni 10MB melainkan banyaknya kabin dikalikan dengan byte per kabinnya.

Maap kalo bahasanya rada ribet hahaha...

Namun intinya begini, 'Size' itu adalah ukuran murninya dari sebuah data. Sedangkan 'Size on Disk' adalah banyaknya tempat yang terpakai dalam memori untuk menyimpan data tersebut. Size on Disk pasti lebih besar dari Size karna memori akan menyediakan tempat sesuai kebutuhan menyimpan si data. :)

Yah, seperti itulah. Ilustrasi yang mungkin lebih mudah diterima sbb. Saya punya tepung 3/4 kilo dan tas yang punya 4 kantong dengan masing2 bisa memuat 1 kilo. Nah, ketika saya memasukkan tepung ke tas maka size tepungnya adalah 3/4 kilo sedangkan size on bag -nya si tepung adalah 1 kilo. :D

Sekian.
Semoga berguna :)

1 comment(s):

  1. sip gan. terima kasih atas infonya & ilustrasinya keren abis hehehe :)

    ReplyDelete