February 9, 2010


Iron Bridge yang pertama dibangun pada tahun 1778 di River Severn. Bisa dibayangkan, di tahun yang masih jadul seperti itu, orang2 sudah bisa mendirikan sebuah struktur bangunan yang kuat berdiri sampai saat ini. Di samping itu, memiliki nilai estetika yang baik juga sehingga dijadikan objek wisata sampai saat ini.

Sekilas mengenai jembatan besi (Iron Bridge) ini, disebut Iron Bridge karena emang dibuat tidak sedikitpun dari baja melainkan dari cast iron atau baja tempahan. Sebagai informasi, pada zaman itu belum dikenal yang namanya cetakan besi . Jadi semua besi dicetak dengan menggunakan pasir basah (sand casting). Keren ga tuh! Pasir basah emang memiliki kohesi yang cukup baik untuk menjadi cetakan dan sepertinya tidak mempengaruhi hasil cetakan. Pada awalnya jembatan ini merupakan jembatan kayu tetapi karena debit sungai yang besar dan tidak dapat diperkirakan, masyarakat Telford memutuskan untuk membangun jembatan yang lebih kuat menahan terjangan debit banjir sungai. Dan jembatan besi inilah solusinya.

Jembatan besi pertama di dunia ini merupakan kerja turun temurun dari keluarga Abraham Darby mulai dari generasi I sampai generasi III. Abraham Darby I menemukan sebuah cara untuk menghasilkan besi cetak dengan biaya yang murah yakni dengan pemanasan dengan batu bara dan bukan kayu. Abraham Darby II melanjutkan kerja ayahnya dengan menemukan . Abraham Darby III adalah generasi yang menjalankan konstruksinya. Konstruksi jembatan besi ini tidak memakan satu korban jiwapun, selain itu sungai severn tersebut tidak mengganggu proses konstruksi sama sekali.

Sejak selesai dibangun, jembatan ini digunakan sebagai transportasi barang dan hewan. Namun, beberapa tahun setelah selesai dibangun, struktur bangunan ini menunjukkan banyak retakan bahkan putus. Oleh karena itu, beberapa tahun kemudian satu sisi dari jembatan ini yang tadinya dibuat dari masonary (bata) diubah dan dibongkar menjadi arc structure sama seperti bentang tengahnya... Hal ini mungkin juga karna disebabkan sambungan yang dipakai struktur besi ini mengadaptasi mati dari sambungan kayu yang sederhana.

Selanjutnya, seperti yang kita ketahui saat ini, jembatan - jembatan mayoritas didirikan dengan bahan dasar baja dengan pertimbangan kekuatan dan massa struktur. Namun, pada tahun 1778 tersebut, sebuah jembatan yang terbuat dari besi berhasil didirikan dan memberikan sebuah ide baru dalam bahan dasar struktur. Namun, kelemahannya adalah struktur dengan bahan dasar besi mahal. Lagipula perilakunya tidak dapat disamakan dengan baja.

Kalo ngeliat struktur jembatan ini sekilas, struktur bangunan ini adalah struktur pelengkung tiga sendi dimana 2 tumpuan sendinya terletak di dua seberang dan sendi dalamnya terletak di tengah2 bentang jembatan itu. Secara sederhana, struktur pelengkung tiga sendi digambarkan sebagai berikut:

Struktur pelengkung tiga sendi secara umum dah dipelajari di kuliah tingkat 2 yakni mekanika teknik atau statika. Namun, untuk membuat sambungan2 seperti jembatan di atas mungkin dibutuhkan analisis struktur yang lebih expert :D

Dari kuliah struktur baja yang sedang saya ambil , jembatan ini membuat saya tertarik dengan perilaku besi dan dibandingkan dengan perilaku baja. Sepertinya hal ini dapat dijadikan topik bahasan yang menarik dan bisa dijadikan pengetahuan tambahan... ^_^

0 comment(s):

Post a Comment